Indonesia Sudah Merdeka? | OPINI.id

Sebentar lagi kita kembali merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Tapi apa benar Indonesia sudah merdeka?

Merdeka Tapi Belum Merdeka!

Indonesia bukan Singapura dan bukan juga Malaysia. Indonesia itu besar, sampai-sampai perhatian dari Pemerintah tidak mampu menggapai daerah-daerah pedalaman dan juga daerah perbatasan yang tanpa disadari membuat sebagian besar warganya sudah hampir pudar rasa nasionalismenya.

Bahkan sebagian besar warga perbatasan lebih kenal dengan mata uang ringgit ketimbang rupiah. Beberapa tahun lalu seorang pria bernama Asis Wathyudi melihat tayangan televisi nasional yang memperlihatkan seorang reporter menanyakan seorang siswa mengenai mata uang Rp 1.000, tapi siswa itu tidak paham.

Namun setelah ditunjukkan uang 1 ringgit, siswa tersebut mengerti. Keadilan di Indonesia seakan tidak pernah bisa menggapai negeri yang dicap sebagai surganya dunia ini. Berbagai lembaga pemerintahan yang dibentuk, belum bisa menghadirkan keadilan bagi saudara-saudara kita di perbatasan dan pedalaman Indonesia.

Pembangunan Belum Merata

Entah kenapa, sampai saat ini masih aja ada ketidakmerataan pembangunan. Seperti yang terjadi di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara dan juga Situbondo, Jawa Timur.

Di Situbondo ada satu sekolah dasar yang karena letaknya terpencil, setiap hari para siswa harus menempuh jalan setapak, melewati tebing curam, dan menyeberangi sungai arus deras. SD Negeri 1 Campoan, Desa Campoan, Kecamatan Mlandingan, berada di pegunungan dan terletak 40 Km dari Kota Situbondo.

Para pelajar SDN 1 Campoan ini terpaksa menyeberangi sungai selebar sekitar 10 meter dengan arus sangat deras, karena sungai merupakan akses jalan satu-satunya menuju sekolah, sedangkan akses lain harus memutar lebih jauh, yakni sekitar 3 kilometer.

"Sebenarnya takut terseret arus sungai, tapi bagaimana lagi tidak ada jalan lain untuk ke sekolah. Teman-teman semua memang berangkat bersama-sama dan saling membantu saat menyeberang sungai," kata Nur Faizah, salah satu siswa.

Jembatan satu-satunya untuk menuju sekolah dasar itu tidak bisa digunakan lagi karena putus diterjang banjir bandang pada 2015. Sempat dibangun jembatan dengan berbahan bambu oleh masyarakat desa tapi beberapa kali hanyut akibat banjir.

Tidak heran seragam sekolah pelajar SD ini selalu basah karena terkena air. Dan tak heran pula seluruh siswa menggunakan sandal jepit pergi ke sekolah karena setiap hari pulang Bisa dibayangkan dong, jika merdeka itu belum dirasakan oleh sebagian besar saudara kita yang tinggal jauh di pedalaman dan perbatasan.

Apa arti Kemerdekaan menurutmu?
Bebas dari penjajah
Bebas hutang
Bebas Berpendapat
9 votes

Komentar

Fresh