Penghabisan Mata Najwa | OPINI.id

Program Mata Najwa berakhir setelah eksis 7 tahun lamanya. Episode wawancara ekslusif Novel Baswedan jadi 'yang terakhir', sekaligus mengakhiri karir Najwa Shihab di Metro TV, televisi yang membesarkan namanya. Ada apa dengan Mata Najwa?

Najwa Pamit

Kerja sama Najwa Shihab dengan Metro TV berakhir sudah. Banyak yang menyayangkan, karena acara Mata Najwa masuk kategori program populer. Disukai karena tema yang diketengahkan, tajamnya Najwa dalam bertanya, hingga kesan tidak memihak yang sangat terlihat dari kaca mata pemirsa. Lalu, kenapa? Najwa dalam akun media sosialnya memberi sebuah "Catatan Tanpa Titik" "Eksklusif Bersama Novel Baswedan" menjadi episode live terakhir Mata Najwa. Sudah 7 tahun Mata Najwa mengudara. Sejak episode perdana "Dunia dalam Kotak Ajaib" yang tayang pada 25 November 2009 hingga wawancara eksklusif Novel Baswedan pada 26 Juli 2017, total sudah 511 episode Mata Najwa. Selama tiga pekan ke depan, Mata Najwa akan menghadirkan kolase berbagai episode lama yang kami anggap penting dan berharga. Pada pengujung Agustus, Mata Najwa akan tiba pada episode final: "Catatan Tanpa Titik". Namun Agustus bukan hanya menjadi yang terakhir bagi Mata Najwa saja. Menjadi reporter Metro TV pada bulan Agustus 2000, perjalanan saya bersama Metro TV juga akan berakhir pada bulan yang sama. Ini adalah Agustus penghabisan. Tujuh belas tahun bukan waktu yang singkat. Rasa bangga menjadi reporter pertama Metro TV, sebagai pemilik kode reporter 01 dalam istilah teman-teman di Kedoya, sampai kapan pun tak akan luntur. Rangkaian perjalanan saya sebagai reporter sebuah TV berita pertama di tanah air terekam dalam, membuat kehidupan jauh lebih kaya serta menjadi bekal berharga untuk terus berkarya sebagai jurnalis. Terima kasih tiada tara pada keluarga besar Metro TV. Juga kepada semua pihak yang telah bermitra dan mendukung, terutama pemirsa yang selama ini menemani saya dan Mata Najwa. Salam, Najwa Shihab

Tabir Mundurnya Najwa dari Metro TV

Simpang siur kabar dibalik keputusan Najwa Shihab mundur, tidak hanya dari program Mata Najwa, tapi juga dari Metro TV. Satu hal menyebutkan, ada ketidakcocokan visi antara dia dan stasiun TV. Terutama perihal episode wawancara eksklusif Novel Baswedan. Terdengar sebelumnya, episode ini tidak akan tayang, tapi ternyata tetap mengudara. Apakah karena ini? Atau karena independensi Najwa sebagai jurnalis mulai terganggu oleh kebijakan perusahaan? Hal lainnya adalah, pilihan dari Najwa sendiri untuk melanjutkan karirnya di tempat lain. NET. disebut sebagai pihak yang bekerja sama dengan Nana, panggilan akrab alumni Fakultas Hukum UI ini, di masa yang akan datang. Apapun alasannya di balik itu semua, penggemarnya masih menantikan karya-karya Najwa selanjutnya. Dimanapun kamu, tetap aku tunggu.

Komentar

Fresh