Kenapa Seorang Ibu Tega Membuang Anak? | OPINI.id

Lagi-lagi kasus pembuangan bayi terjadi. Tadi pagi seorang bayi perempuan ditemukan masih dengan plasenta di pusarnya oleh seorang tukang ojek di dalam sebuah got di dekat kampus Unima, Tondano, Sulawesi Utara. Berita penemuan bayi ini langsung viral di Facebook. Apa sebenarnya yang menjadi alasan seorang ibu tega membuang anaknya sendiri? 

Malu

Norma sosial dan agama yang mengikat kuat di masyarakat membuat banyak perempuan yang hamil di luar nikah merasa dihakimi duluan sehingga mereka malu dan menyembunyikan kehamilannya. Ada yang bisa menyembunyikan kehamilannya sampai 9 bulan lalu anaknya dibuang. Ada yang tega untuk menggugurkan sejak awal tahu dirinya hamil.

Kekasih Tidak Bertanggung Jawab

Banyak lelaki yang hanya mau enaknya saja, giliran pacarnya hamil malah lari dari tanggung jawab. Tentu saja ini sangat membebankan perempuan. Karena beban tidak ingin memelihara si bayi sendiri, perempuan jadinya memilih untuk membuang darah dagingnya sendiri.

Usia yang Masih Amat Muda

Prosentase perempuan yang sering melakukan aborsi sebenarnya paling banyak adalah yang sudah berkeluarga. Alasannya karena tidak ingin menambah anak lagi. Sedikit sekali perempuan usia remaja yang melakukan aborsi. Hanya saja, ada cukup banyak perempuan muda yang menjadikan usia masih belia sebagai alasan untuk membuang bayinya. 

Orangtua Terlalu Keras

Hubungan dengan orangtua juga sangat berpengaruh untuk ini. Terkadang ada orangtua yang terlalu keras dan tidak terbuka dengan anaknya sendiri sehingga saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sang anak menjadi takut untuk bercerita. Bahkan ada orangtua yang ikut menghakimi anaknya sendiri saat melakukan sebuah kesalahan.

Serba Salah

Saat perempuan hamil di luar nikah, banyak omongan miring yang muncul di sekitarnya. Saat perempuan memilih mengaborsi, banyak yang menghujatnya. Dan saat perempuan memilih membuang anaknya, lebih banyak lagi makian yang ditujukan padanya. Jadinya semua serba salah. 

Siapa yang paling disalahkan jika ada yang membuang bayi?
Ibunya lah...
Kekasihnya yang salah
Orangtuanya dong
762 votes

Komentar (3)

Fresh