Berbagai Usaha Ilmuwan Menjelaskan Hantu | OPINI.id

Harus diakui memang, hantu dan ilmu pengetahuan tuh tidak sejalan.

Tapi ilmuwan tidak begitu saja mengatakan hantu itu tidak ada, tapi mereka coba menjelaskan hantu dengan cara yang rasional.

Ini teori-teori mereka tentang keberadaan hantu.

Teori Karbon Monoksida

Pada tahun 1921 Doktor W.H. Wilmer menulis sebuah jurnal medis. Pada jurnalnya Wilmer bercerita tentang sebuah keluarga yang mengalami pengalaman aneh dengan mendengar suara aneh dan merasakan keberadaan makhluk asing. Tapi Wilmer menemukan bahwa kadar Karbon Monoksida pada rumah itu tinggi diakibatkan oleh alat perapian yang rusak. Setelah alat perapian itu dibetulin, keluarga tersebut tidak lagi mengalami pengaaman yang aneh.

Teori Dipengaruhi Orang

Pada tahun 2014, sebuah studi di universitas psikologi di London menemukan sebuah penemuan yang mengejutkan. Bahwa manusia itu mudah dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarnya. Jadi apabila si A mengatakan bahwa dia yakin hantu itu ada, ini bisa membuat si B meyakini hal yang sama ataupun mengubah pendapat si C yang awalnya tidak percaya.

Teori Ingin Percaya

Salah satu teori mengatakan orang percaya bahwa hantu itu ada, karena dirinya sendiri yang ingin percaya bahwa hantu itu ada. Misalnya, percaya bahwa arwah orang terdekatnya yang telah meninggal akan selalu menjaga dia.

Teori Suara Infra

Suara infra adalah suara yang tidak bisa didengar manusia. Di tahun 1998, jurnal yang berjudul "Natural Cause of Haunting" dikatakan ada korelasi antara suara infra dengan rasa takut dan rasa tidak nyaman manusia. Banyak yang berpendapat, perasaan dihantui dan halusinasi manusia banyak dipengaruhi suara infra ini. Suara infra umumnya disebabkan alat-alat elektronik di sekitar kita.

Apa kamu merasa teori-teori ada benarnya ?
Mungkin iya
Ga ah, ngasal aja
Ga tau
2188 votes

Komentar (2)

Fresh