Inilah Rasanya Merantau | OPINI.id

Saat pertama kali pergi jauh dari rumah untuk tinggal di tempat yang baru, rasa excited dan khawatir bercampur jadi satu. Excited karena akan ada tantangan baru di depan mata, dan khawatir karena masih belum tahu bagaimana kehidupan di tempat yang baru.

Apakah kamu pernah merantau?
Ya, Sampai Sekarang
Ya, Dulu Pernah
Tidak Pernah
131 votes

Rasanya Tidak Mudah

Kalau dulu biasanya tinggal bersama keluarga, ketika sakit ada yang jagain, ngga akan kekurangan makanan, dan yang pasti tidak sendirian. Namun semuanya tidak akan sama lagi saat pertama kali merantau. Rasanya tidak mudah untuk menyesuaikan diri di tempat asing. Lingkungan yang baru, kebiasaan yang berbeda, logat daerah setempat yang susah untuk diikuti, dan masih banyak hal lainnya.

Momen yang Tak Terlupakan

Di tengah-tengah pergolakan batin dan mental saat merantau, biasanya kita akan menemukan hal-hal spesial ataupun hal yang menyenangkan. Misalnya saja seperti rasa malu karena merasa diri agak ‘ndeso’ di tengah kerennya perkotaan, atau rasa sebal karena tinggal jauh dari peradaban kota, atau malah bertemu teman-teman yang super perhatian melebihi keluarga sendiri. Yap, hingga suatu saat nanti, semua itu terangkai menjadi momen yang tak terlupakan.

Tanpa Kita Sadari

Ketika merantau, kita juga terbiasa dihadapkan dengan banyak pilihan yang memusingkan, lalu belajar untuk mengambil keputusan atas pilihan-pilihan itu. Yang kuat mental akan bertahan dan menjadi semakin hebat, sedangkan yang lemah akan terikut arus dan kemudian menjadi ‘lunglai’ karena pergaulan yang tidak benar. Bagi perantau yang mau berjuang untuk menjadi dewasa, mereka akan menjadi semakin dewasa. Sedangkan yang nyaman dengan sifat kanak-kanaknya, akan terus di dalam dunia itu.

quote-mark

Merantau bukanlah hal yang menakutkan, melainkan sebuah tantangan yang mesti kita taklukkan.

Merantau itu rasanya...
Nano-nano
Menyenangkan
Menyebalkan
Biasa aja
102 votes

Komentar

Fresh