Tingkah Menyebalkan Orang Indonesia | OPINI.id

Perilaku menyebalkan memang tidak bisa terlepas dari sifat manusia pada umumnya. Misalnya kekeuh pada pendapat dirinya sendiri padahal dia salah, atau mau menang sendiri.
Namun, akan berbeda bila kita berbicara tentang tingkah menyebalkan orang-orang Indonesia. Kira-kira seperti apa, ya, perilaku masyarakat kita?

1. Malas mengantre

Sudah menjadi rahasia umum, bila sebagian orang Indonesia sangat susah untuk mengantre. Pasti kamu sudah sering melihatnya secara langsung atau bahkan kamu sendiri pelakunya hayo? Contoh paling gampang bisa kamu temui di toilet perempuan, bagaimana para perempuan berebutan untuk masuk duluan dan bahkan tidak segan-segan menyerobot antrean. Menyebalkan bukan?

2. Sering melanggar aturan lalu lintas

Aturan yang ada di sekitar kita dibuat untuk membuat kehidupan lebih tertib dan rapi, tapi kayaknya kalau di Indonesia aturan-aturan dibuat malah untuk dilanggar. Terlebih aturan lalu lintas yang sering kali dianggap remeh oleh para pengemudi kendaraan bermotor. Seperti tidak mengenakan helm, menerobos lampu merah, ngebut, dan melanggar aturan lalu lintas lainnya.

3. Demen mengambil hak pejalan kaki

Menjadi pejalan kaki di Indonesia pasti sering makan hati. Bagaimana tidak, hak-hak sebagai pejalan kaki sering direnggut oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Motor-motor yang semena-mena naik ke trotoar, kaki lima yang membuka tenda, sampai ada pot tanaman besar yang ditaruh di tengah trotoar sehingga menyulitkan pejalan kaki untuk lewat. Huvt banget.

4. Merendah untuk meninggi

Perilaku menyebalkan lainnya adalah suka membandingkan dirinya dengan orang lain dan merasa bangga bila dia jauh lebih hebat dibandingkan orang tersebut. Istilahnya sih merendah untuk meninggi. Padahal, kan, tidak semua orang punya life goals yang sama dan kita tidak benar-benar tahu apa yang dia lakukan untuk mencapai kehidupannya yang sekarang.

5. Bertanya hal-hal tidak perlu

"Kamu udah nikah belum?" "Udah lulus kuliah?" Pertanyaan basa-basi yang begitu terdengar basi. Memang baik untuk membuka percakapan lebih dulu, tapi ada baiknya tidak sampai menanyakan hal-hal yang cenderung pribadi karena tidak semua orang suka ditanyai seperti itu. Sebelum mengutarakan pertanyaanmu, ada baiknya introspeksi dulu. Kalau kamu jadi dia, mau atau tidak kamu ditanyai hal yang sama?

6. Termakan Hoax

Hoax atau berita palsu sering sekali memakan 'korban' bagi yang percaya begitu saja tanpa kroscek terlebih dulu. Apalagi ketika banyak dari kita seakan sudah menjadi ahli akan suatu hal yang sebenarnya tidak kita terlalu pahami. Masalahnya namanya juga hoax, memang dibuat untuk meresahkan masyarakat. Percuma dong kalau kamu menggunakan smartphone tapi kamu sendiri tidak 'smart' dan menelan bulat-bulat dari apa yang kamu baca?

7. Berkomentar negatif

Selain membaca berita dari portal online, ada tidak sebagian dari kamu yang suka membaca komentar-komentar di bawah artikel tersebut? Jika iya, pasti sekali-dua kali kamu akan menemukan komentar dengan kata-kata yang tidak pantas. Tidak hanya komentar pedas dan negatif di portal online, bahkan IG para artis pun tidak lepas dari komentar menyudutkan. Makanya beberapa artis pun memilih menonaktifkan komentar daripada mendapat komentar tidak enak.

quote-mark

Itu tadi beberapa tingkah menyebalkan orang-orang Indonesia pada umumnya. Yuk, berhenti atau mengurangi jadi orang menyebalkan biar tenang.

Dari ketujuh poin di atas, kamu merasa ada yang kamu banget nggak?
Nggak dong. Aku kan tertib
2-3 hal masih dilakukan
Semuanya iya
Rahasia dong
970 votes

Komentar (6)

Fresh