Menikah atau Melanjutkan Kuliah, Ya? | OPINI.id

Hidup itu pilihan. Pernah gak sih, kamu mendengar celotehan seperti itu? Memang, hidup adalah pilhan. Sebaiknya, memilih pun harus ada alasannya, kenapa kamu memilih A, B atau C. Pastikan, dalam proses memilih tersebut, kamu mempunyai alasan yang logis, ya

Kamu ingin melanjutkan kuliah dan menikah juga, jadi harus memilih yang mana, nih?

Proses perjalanan hidup manusia, memang tak bisa ditebak ya. Dan tanpa disadari, jalinan pertemananmu semakin meluas pula. Pernah, kah kamu menemukan temanmu yang sedang mengalami "kegalauan" antara di suruh memilih melanjutkan kuliah lagi atau menikah? Melalui postingan ini, saya rangkum mengenai sebaiknya apa yang harus diutamakan dahulu, ya.

1. Kamu Harus Memilih Melanjutkan Kuliah Dulu, Jika Kamu Belum Siap untuk Menikah

Jika memang tujuan utama, ingin melanjutkan pendidikan lagi, kamu bisa memilih untuk konsentrasi di jalur pendidikan dahulu. Mendahulukan pendidikan dibandingkan menikah. Bukan, tanpa alasan kamu memilih pilihan tersebut. Jika, kamu memang diniatkan tahun ini untuk melanjutkan pendidikan lagi, maka tak ada salahnya untuk memilih melanjutkan kuliah harus diutamakan.

2. Menikahlah Jika Sudah Bertemu dengan Jodohnya

Ya, jika kamu sudah menemukan jodohnya, maka kamu berhak untuk memilih untuk menikah terlebih dahulu. Menikah bukan tentang aku dan kamu saja, akan tetapi ada dua keluarga besar dan persiapan harus dipersiapkan dengan matang. Sebelum, untuk memutuskan untuk menikah akan lebih baik, jika memantapkan hati dan pilihan. Karena menikah adalah ibadah.

3. Fokuslah untuk Apa yang Kamu Jalani

Jika kamu belum bisa memilih untuk menikah dahulu atau melanjutkan kuliah lagi, alangkah baiknya, kamu bisa fokus untuk apa yang kamu jalani saat ini. Misalkan, untuk saat ini, kamu ingin upgrade ilmu dunia menulis atau fotografi. Karena, masa muda adalah masa investasi, masa untuk menggali ilmu dan menjalin networking itu penting.

Ya, pilihlah yang terbaik menurutmu dan pastikan restu orang tua juga, ya.

Bagaimana, sudah tidak "galau" lagi, kan teman-teman opini? Ya, pilihlah yang sesuai dengan pilihanmu saat ini. Jika, memang sudah menemukan jodohnya dan keuangan sudah tercukupi, segeralah menikah. Apabila belum menemukan jodohnya, namun ada uang untuk melanjutkan kuliah lagi, sila. Karena, hidup itu adalah pilihan.

Kamu menikah dahulu apa melanjutkan kuliah lagi?
Kuliah
Menikah
Menikah dan melanjutkan kuliah
426 votes

Komentar (1)

Fresh