Fakta Bunga Edelweis | OPINI.id

Pasti banyak yang bertanya, kenapa sih bunga yang bentuknya biasa aja ini sangat dilindungi di Indonesia. Ternyata, banyak fakta mencengangkan seputar bunga ini dan dijamin bakalan bikin kamu bangga deh.

Edelweiss adalah Everlasting Flower

Bunga edelweis atau javanese edelweiss merupakan tumbuhan endemik yang tumbuh di daerah pegunungan di Indonesia. Di antaranya Gunung Rinjani, Gunung Merbabu, Gunung Semeru, Gunung Papandayan, dan sebagainya. Edelweis umumnya memiliki kelopak bunga berwarna putih, yang mekar antara April hingga Agustus setiap tahunnya.Disebut bunga abadi karena edelweis memiliki hormon yang bisa mencegah kerontokan kelopak bunga.

Ditemukan Oleh Orang Jerman

Edelweis pertama kali ditemukan oleh naturalis asal Jerman bernama Georg Carl Reinwardt pada 1819 di lereng Gunung Gede, Jawa Barat.

Bisa Capai Tinggi 8 Meter

Umumnya bunga edelweis memiliki batang setinggi 1 meter, namun pada keadaan tertentu tumbuhan ini bisa mencapai tinggi 8 meter.

Diagungkan Jadi Judul Lagu

Bukan hanya nama bunga, edelweis pun menjadi judul sebuah lagu yang dinyanyikan pada film The Sound of Music pada 1965.

Bisa Survive Dalam Keadaan Tandus

Meskipun hidup di pegunungan, namun edelweis mampu bertahan dalam keadaan tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza yang dapat memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara.

Komentar

Fresh