5 Alasan Belum (Pengen) Nikah | OPINI.id

Umur masih awal 20 atau pertengahan 20 tahun tapi udah ditanya "Kapan kawin?" kayaknya biasa, ya? Di acara keluarga, hari raya, arisan, reuni sekolah, sampai sama teman lama yang kepo banget nanya-nanya. Apalagi kalau teman-teman kamu semuanya sudah nikah dan punya anak! Tapi sebenarnya apa, sih, alasan-alasan di balik belum nikahnya seseorang?

(Merasa) Masih Muda

Age is just a number! Jiwa muda seseorang nggak bisa diabaikan gitu aja. Mereka yang masih pengin traveling sendirian, menikmati hobi, terbang ke sana ke sini, dan melakukan kegiatan bersama teman-temannya mungkin belum terpikir kapan nikah. Tapi nanti pasti akan tiba waktunya mereka memikirkan pernikahan, kok. Tunggu aja, ya!

Mengejar Karir

Bagi sebagian orang, mengejar karir udah kayak obsesi. Mereka punya standar harus sampai posisi apa di kantor sebelum mulai berpikir untuk menikah. Karir ini juga yang nantinya menjadi pegangan setelah mereka menikah. Jadi jangan heran jika seseorang belum pengin nikah dengan alasan karir yang belum settle.

Budget

Menikah, terutama di Indonesia, masih (harus) mengundang banyak orang. Tradisi yang udah turun temurun ini susah dihilangkan, apalagi nih, menikah bukan cuma urusan dua orang saja, tapi juga dua keluarga. Kabar bahagia harus disebar, memang. Tapi dengan alasan itu juga seseorang masih berpikir untuk menikah ketika budget yang dia punya belum cukup untuk menjamu semua undangan. Belum bayar make up artist, belum kebaya, belum cetak undangan.

Calonnya

Mencari calon pasangan juga PR tersendiri, lho. Kita nggak bisa sembarang ngajak orang nikah tanpa tahu sifatnya, misal. Orang ini yang akan ada di samping kita sampai kita mati, jadi pemilihan calon juga menjadi faktor tersendiri yang sangat penting. Nah, kalau niat udah ada, kerjaan mapan, budget cukup tapi calon belum ada, gimana bisa nikah? Ya nggak?

Restu!

Mengingat pernikahan bukan hal sepele, wajar kayaknya kalau hal yang satu ini jadi salah satu alasan seseorang belum nikah. Restu orangtua belum keluar! Orangtua nggak akan gitu aja mengiyakan calon yang anaknya kenalkan. Mereka akan memastikan kalau calon yang kamu ajukan layak jadi pasangan kamu dan menggantikan peran mereka. This isn't an easy task for us, just don't give up!

Apakah kamu sudah pengin menikah?
Sudah
Belum
Sudah, tapi belum ada calon
Belum, tapi sudah ada calon
468 votes

Komentar (4)

Fresh