Indonesia Krisis Garam | OPINI.id


Beberapa daerah di Indonesia mengalami kekurangan stok garam. Alhasil, harga garam pun naik di sejumlah wilayah. Bahkan ada juga di beberapa wilayah yang benar-benar mengalami kesulitan mencari garam.

Gagal Panen Sebabkan Langkanya Garam

Hampir seluruh daerah penghasil garam, ketersediaan garam langka akibat gagal panen di 2016 dan 2017 ini. Itu dikarenakan imbas dari cuaca buruk berkepanjangan selama kurun 1-2 tahun terakhir.

Akibatnya, produksi tambak garam pun menurun drastis. Pemerintah pun didesak untuk segera mengatasi krisis garam di Tanah Air. Salah satu caranya adalah mengimpor garam demi memenuhi kebutuhan industri.

Seperti diketahui, kelangkaan ini menjadikan harga jual garam dipasaran meningkat hingga 10 kali lipat. Seperti diketahui, konsumsi garam di Indonesia per tahunnya sebanyak 3 kg per orang. Bisa diperkirakan jika sebanyak 780 ribu ton garam langsung dimakan per tahunnya.

Kelangkaan Garam, Sebabkan Efek Domino

Gak cuma langka, tapi harga garam sekarang ini juga mahal. Gak heran kalau kedua hal ini punya efek domino. Gak hanya bumbu masakan ibu rumah tangga aja yang bakal kurang sedap tanpa garam, tapi para pembuat ikan asin dan telur asin pun juga.

Seperti yang terjadi di pusat produksi ikan asin kawasan Pasia Jambak,Kelurahan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Kototangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Pengolahan ikan asin yang jadi sumber penopang hidup jadi tersendat. Mereka pun akhirnya membeli garam impor dari Australia.

Sedangkan para produsen telur asin di Brebes pun punya cara untuk tetap bertahan ditengah kelangkaan garam. Mereka mensiasatinya dengan cara mendaur ulang adonan pengasin telur hingga 4 kali pemakaian. Para produsen melakukan daur ulang pengasin telur sejak komoditas garam lokal mengalami kelangkaan dan harganya mahal beberapa pekan lalu.

Langkah ini ditempuh agar usahanya pembuatan telur asin terus berjalan. Salah satu perajin telur asin asal Kelurahan Gandasuli, Brebes, Asmui (62) mengatakan adonan bekas pengasin telur ini bisa dipakai lagi setelah dijemur hingga kering. Setelah kering bisa dipakai lagi untuk mengasinkan telur itik lain dengan ditambah sedikit garam.

Manfaat Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Garam gak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan dan juga untuk industri saja, tetapi juga banyak manfaatnya yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengurangi Rasa Gatal Pada Kulit

Caranya campurkan garam dengan minyak olive oil kemudian aduk sampai larut. Setelah itu kamu bisa oleskan pada bagian tubuh yang gatal.

2. Bisa Hilangkan Bau Amis

Kamu tinggal potong jeruk lemon kemudian taburkan garam secukupnya pada bagian yang bau amis. Dengan begitu, bau amis pada piring dan sebagainya pun akan hilang.

3. Memperlambat Pencoklatan Pada Apel

Taburkan garam dengan air kemudian potong apel. Kemudian masukan potongan apel pada larutan air garam. Dengan begitu, pencoklatan apel pun akan lebih lama dari biasanya.

4. Obat Kumur

Tuangkan garam secukupnya pada segelas air hangat. Kemudian aduk sampai rata. Jadilah garam sebagai obat kumur.

Komentar

Fresh