Saat Hidup Terasa Sangat Berat | OPINI.id

Terkadang, hidup yang kita jalani sampai ke titik paling bawah kemampuan kita. Pekerjaan yang nggak ada habisnya, masalah keuangan yang nggak pernah selesai, masalah dengan keluarga, masalah dengan lingkungan, sampai perkara hati yang pelik. Pikiran menjadi sangat lelah, badan pun ikut kehabisan tenaga, tapi... kita tetap dituntut melakukan rutinitas seperti biasa. Bisa kah kita bilang kalau kita sedang baik-baik saja? Bisa kah kita bertahan pada keadaan yang seperti itu?

Menangislah

Jika kamu sudah nggak bisa berpura-pura tersenyum, nggak apa-apa, menangislah... Banyak hal berkumpul memenuhi dada sampai terasa sangat sesak, sampai kamu kesulitan bernapas, maka menangislah... Karena menangis bukan dosa, cewek atau cowok, kita sama. Kita sama-sama manusia. So, it is okay!

Bicara

Bicaralah jika kamu merasa bebanmu terlalu berat. Orangtua, keluarga, pacar, atau teman. Bicara langsung, via telepon, atau via media sosial. Apa saja asal bisa meringankan perasaanmu. Orang yang peduli nggak akan mengabaikanmu, jadi cobalah menyapa seseorang dan minta sedikit waktunya untuk mendengarkanmu.

Curhat

Curhat bisa ke siapa saja, benar, tapi kadang kita sungkan curhat ke orang di sekitar. Kalau kamu percaya Tuhan, kamu juga bisa curhat pada-Nya, bukan? Apapun agamamu, Tuhan-mu pasti membuka pintu selebar mungkin untuk umatnya yang datang kepada-Nya. Bicaralah sepuasmu, keluarkan semua, karena Tuhan-mu nggak akan pernah menghakimimu.

Olahraga

Banyak orang yang sedang banyak pikiran melampiaskan emosinya dengan berolahraga. Baik di gym, jogging keliling komplek, kardio di rumah, atau yoga. Olahraga akan menyegarkan kembali pikiran dan dengan berkeringat, tubuh juga melepaskan zat endorfin yang bisa membuat kita merasa senang.

Makan

Selain berolahraga, ada juga sebagian orang yang melampiaskan stresnya dengan makan. Yang lainnya dengan belanja, traveling, atau hiking bagi para pecinta alam. Semua dilakukan untuk membebaskan diri sejenak, juga untuk melepas sedikit beban di pundak.

You're Not Alone

Beban dan permasalahan seseorang memang nggak sama, juga kemampuan seseorang dalam menahan beban tersebut. Yang perlu diingat adalah, seberapa down kita saat ini... kita nggak sendirian. Dan jika ada teman atau kerabat yang sedang down, peluk atau berilah mereka bahumu. Biarkan mereka menangis sesuka hatinya.

Komentar (3)

Fresh