K-Pop, Kimchi, Sampai Sejarah Korea | OPINI.id

Sebagian orang berpendapat, jika mendengar Korea Selatan cuma ingat cowok-cowok dengan make up dan joget seragam di panggung. Tapi tahu kah kamu, kalau Korea Selatan sedang menguasai anak muda dunia? Banyak sekali fanbase penyanyi, aktor, boyband, girlband, sampai fandom acara-acara tertentu yang dibangun di luar Korea Selatan itu sendiri. Sadar kah kamu betapa powerful-nya influence negara ini?

Musik

Musik sebagai bahasa universal, membawa Korea Selatan ke puncak kejayaan. K-pop sudah seperti banjir yang nggak bisa dibendung lagi. Luapannya membuat anak-anak muda tergila-gila, dan nggak ada yang bisa mengalahkan mereka dalam hal semangat serta loyalitas. Karena kecintaannya, mereka rela live streaming, nonton konser, beli merchandise, sampai ikut promo kegiatan idolanya. Juga karena cinta, kita pun 'dipaksa' belajar Bahasa Korea.

Makanan

Kimchi, kimbab, bibimbab, jajangmyeon, bahkan ramen sudah sangat familier jika kita mendengar nama Korea Selatan. Padahal sebelumnya, kita makan Indomie nggak segitu ribetnya segala pakai sumpit dan panci kuningan. Kok bisa kebiasaan ini berubah? Gampangnya, kita dapat menyebut "Orang marketing-nya pinter". Promosi yang terus menerus lewat media hiburan seperti drama, variety show, sampai reality show membuat kita terus mengingat nama-namanya. Dan kalau kamu memperhatikan, cara mereka mengambil gambar sangat dekat dan dramatis membuat kita menelan ludah.

Wisata

Pariwisata Korea Selatan lagi hangat-hangatnya, nih. Seiring meluasnya virus kekoreaan, turis dari luar juga makin bertambah. Lagi-lagi orang marketing-nya pinter. Drama atau film selalu mengambil setting seperti Nami Island, Jeju Island, Damyang, Busan, Namsan Tower di Seoul, dan banyak lagi. Sambil memproduksi drama, secara halus juga mereka promosi tempat-tempat di sana. Nggak hanya drama, variety show pun banyak yang tujuannya untuk mengenalkan Korea Selatan.

Sejarah

Kata siapa belajar sejarah membosankan dan bikin ngantuk? Kita bisa menghafal raja-raja dari era Goryeo, Shilla, sampai Joseon hanya dengan menonton drama. Cara pengemasan sejarah dalam drama saeguk mereka memudahkan kita untuk mengerti. Nggak percaya? Sila dicoba. Bahkan ada variety show yang membahas siapa pencipta huruf hangul dengan permasalahannya, membahas pahlawan yang membela Korea saat Perang Korea, sampai masuk banyak museum. Semuanya dibungkus dengan cara yang asik.

Marketing

Dari yang sudah dibahas, lagi-lagi kita diingatkan kalau bukan hanya 'apa' tapi juga 'bagaimana' kita mempromosikan. Indonesia juga punya genre musik sendiri, punya makanan yang nggak kalah enak, punya banyak sekali tempat wisata yang indah, juga punya sejarah yang nggak kalah menarik untuk diceritakan. Bagaimana cara kita berpromosi lah yang menjadi PR.

Menurutmu, apa yang paling menarik dari Korea Selatan?
Musik/K-Pop/Drama, Var-Show
Wisata
Makanan
Sejarah
35 votes

Komentar

Fresh