SAYA (PERNAH) INGIN BUNUH DIRI | OPINI.id

Suicide is not chosen; it happens when pain exceeds resources for coping with pain - @bentarabumi. 

Vokalis Linkin Park Bunuh Diri

Chester Bennington meninggal dengan cara gantung diri di kediamannya di Palos Verdes. Mayatnya ditemukan oleh karyawannya pada Kamis pagi. Keluarganya sedang berada di luar kota saat sang vokalis memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.  Bennington memiliki riwayat ketergantungan alkohol dan narkoba. Meninggalkan seorang istri bernama Talinda dan enam orang anak dari dua kali pernikahan.  Kematiannya bertepatan dengan hari ulang tahun Chris Donnel sahabatnya yang juga bunuh diri di bulan Mei lalu. 

Apa Alasannya?

Bunuh diri belakangan semakin marak. Seperti wabah menular yang gampang menjangkiti siapa saja. Dari Indonesia saja baru kemarin juga ada kabar kematian dengan cara bunuh diri.  Sebenarnya apa yang membuat orang memilih untuk bunuh diri? 

Vokalis Linkin Park Bunuh Diri

Chester Bennington meninggal dengan cara gantung diri di kediamannya di Palos Verdes. Tubuhnya ditemukan oleh karyawannya pada Kamis pagi. Keluarganya sedang berada di luar kota saat sang vokalis memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.  Bennington memiliki riwayat ketergantungan alkohol dan narkoba. Meninggalkan seorang istri bernama Talinda dan enam orang anak dari dua kali pernikahan.  Kematiannya bertepatan dengan hari ulang tahun Chris Donnel sahabatnya yang juga bunuh diri di bulan Mei lalu. 

Kenapa Memilih Bunuh Diri?

Bunuh diri belakangan semakin marak. Seperti wabah menular yang gampang menjangkiti siapa saja. Dari Indonesia saja baru kemarin juga ada kabar kematian dengan cara bunuh diri.  Sebenarnya apa yang membuat orang memilih untuk bunuh diri? 

Rasa Sakit

Bunuh diri asalnya dari rasa sakit yang melebihi kemampuan tubuh. Rasa sakit ini tentu saja berasal dari dalam diri; pikiran maupun jasmani--sehingga sangat krusial. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, muncullah keinginan suicidal.

Saya (Pernah) Ingin Bunuh Diri

Saya pernah mengalami fase suicidal. Fase di mana saya merasa sudah tak mampu lagi menahan semua beban yang saya terima.  Sebagian orang mungkin tak akan mengerti kenapa ada orang-orang yang bisa sampai berada pada fase ini bahkan sampai mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Bunuh diri dianggap sebagai sebuah dosa besar karena mendahului kehendak Sang Pencipta. Bunuh diri juga dianggap sebagai jalan pintas yang bodoh. Padahal bukan karena bodoh melainkan karena sudah sangat putus asa dan diri tak mampu lagi menahannya. Seseorang juga tidak serta merta bunuh diri tanpa warning sebelumnya. Seperti saya, pernah beberapa kali menulis status di media sosial tertentu secara tersirat. Itu mungkin upaya saya untuk meminta tolong kepada orang lain. Hanya saja saat itu tidak ada yang peduli. Saat itulah saya masuk pada fase suicidal.  Beruntung saya bisa diselamatkan oleh keluarga saya sendiri. 

3 Hal yang Perlu Dilakukan

Jika ada dari kita yang masuk pada fase suicidal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. 1. SADARI Sadari bahwa ini adalah sebuah fase. Fase pasti berganti, ada batas waktunya.  2. CARI BANTUAN Telepon teman, saudara, psikolog, posting di medsos sebebasnya; lakukan apa pun yang perlu dilakukan untuk menghindari fase.  3. HAVE A DAY Pikirkan hal-hal baik yang bisa menjadi penguatan untuk diri sendiri dan tunggu sampai badainya reda. 

Apakah kamu juga pernah mengalami fase suicidal?
Ya
Tidak
406 votes

Kenali Tandanya

Dan bagi yang memiliki teman, saudara, atau kenalan siapa saja yang punya keinginan untuk bunuh diri. Kenali tandanya, jadikan diri sebagai pendengar yang baik tanpa harus menghakimi, dan berikan bantuan semampu yang kalian bisa. Dengan begitu, hidup seseorang baru saja terselamatkan.

quote-mark

Saya sedang dalam fase suicidal

quote-mark

Hidup terlalu melelahkan

I am on Sucial face

Hidup kadang menjadi Begitu membosankan ketika tak memiliki sebuah kebahagiaan

quote-mark

Karena bagi mereka yang putus asa, puncak kenikmatan adalah tiada.

Komentar (4)

Fresh