Bangku Penentu Prestasi | OPINI.id

Benar gak sih kalau bangku itu penentu prestasi belajar anak di sekolah? Kalau memang gak berpengaruh, tapi buktinya masih banyak kok orang tua yang rela mengantar anaknya pagi-pagi demi mendapatkan kursi belajar di depan.

Siswa di Brebes Rela Berangkat Jam 2 Pagi di Hari Pertama Sekolah

Sepertinya pepatah Bangku menentukan prestasi masih berlaku. Buktinya para murid di SD 4 Pasarbatang Brebes, Jawa Tengah rela berangkat pagi-pagi buta hanya untuk mendapatkan bangku terdepan. Tidak hanya siswa, para orang tua juga ikut adu cepat mencarikan tempat duduk bagi anaknya. Aktifitas orang tua dan anak untuk menyambut hari pertama masuk sudah terlihat sejak pukul 02.00 WIB hingga menjelang subuh. Sejumlah siswa tampak sudah bersiap masuk sekolah. Sebagian dari mereka sudah mengenakan seragam, dan sebagian lagi hanya menenteng tas sekolah. Mereka berharap, dengan berangkat dinihari agar bisa mendapatkan bangku di deretan terdepan atau yang diinginkannya. Bagi siswa yang sudah berseragam, mereka langsung menunggu hingga pagi sampai kegiatan kegiatan sekolah dimulai. Tapi ada juga yang datang pagi buta hanya mencari tempat duduk saja kemudian kembali pulang untuk tidur. Mereka ini akan datang lagi ke sekolah setelah pukul 6.30 WIB. Untuk menandai meja dan bangku tersebut, siswa meletakkan tasnya di atas kursi agar tidak diduduki orang lain.

Ada beberapa penyebab kenapa sampai detik ini orang tua lebih percaya jika posisi bangku sekolah yang di depan bisa menentukan prestasi sekolah.

Gak Bisa Fokus Sama Pelajaran

Banyak yang beranggapan kalau duduk di bangku belakang itu gak bisa fokus sama pelajaran. Jadinya gak heran kalau cap murid yang duduk di bangku belakang itu akan ketinggalan pelajaran.

Mudah Mengantuk

Karena jauh dan gak fokus sama pelajaran, jadinya banyak murid yang duduk di bangku belakang mengantuk bahkan ada yang sampai ketiduran. Kalau begini, gak heran bangku sekolah belakang paling dihindari oleh orang tua murid.

Jauh Dari Jangkauan Guru

Salah satu alasan kenapa orang tua murid mau anaknya duduk di bangku paling depan adalah perhatian. Yup, anak yang duduk di bangku paling depan akan mendapatkan perhatian dari guru. Semakin kenal dengan guru berarti semakin terbuka lebar peluang mendapatkan nilai yang lebih bagus karena di sini ada juga nilai bagus yang bersangkutan dengan kedekatan murid dan guru.

Komentar

Fresh