Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
Next Video

Ini Manfaat Main Catur Buat Otak Kita

Belakangan main catur jadi kegiatan mainstream karena kontroversi Dadang Subur melawan Woman Grand Master Irene Sukandar. Catur juga sering dianggap sebagai salah satu permainan yang berkaitan erat sama orang-orang intelektual. Anggapan itu gak salah juga, karena banyak manfaat main catur buat otak manusia.

Sejumlah penelitian mengungkapkan rutin bermain catur dapat melatih dan menjaga kesehatan otak. Cara kerja otak kurang lebih sama dengan otot yang perlu dilatih agar kebugarannya terjaga. Sehingga, kemampuan otak terus diasah menjalankan fungsinya secara maksimal.

Berikut 7 manfaat main catur buat otak manusia.


1. Catur Melatih Empati
Salah satu ciri manusia memiliki intelektual yang tinggi adalah kepemilikan rasa empati. Empati penting untuk melihat perspektif orang lain bahwa kita bisa merasakan apa yang orang lain rasakan.

Dala catur sangat dituntut untuk berpikir seperti perspektif lawan agar langkah mereka bisa terbaca.

2. Meningkatkan Daya Ingat
Saat main catur dituntut untuk memikirkan strategi ke depan lewat evaluasi gerakan yang sudah dilakukan sebelumnya. Ini bisa melatih daya ingat manusia yang perlahan mulai meredup saat tua.

3. Meningkatkan Kreativitas
Dalam bermain catur ada banyak macam-macam pola strategi yang sistematis. Dalam permainan catur pemain terbiasa melihat pola dari sesuatu yang abstrak.

4. Mencegah Pikun dan Alzheimer
Catur adalah permainan terbaik cara melatih otak supaya tercegah dari pikun dan alzheimer. Otak dituntut untuk mengingat, berpikir kritis dan analitis.

5. Mencegah Kepanikan
Orang yang panik terjadi karena mereka banyak memikirkan hal yang belum terjadi dan tidak mengerti cara menanganinya. DI catur perlu ketenangan pikiran untuk melangkah strategi ke depan.

6. Melatih Otak Kiri dan Kanan
Bermain catur terbukti menggunakan dua bagian otak, yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kiti punya tugas berpikir kritis, matematis dan analitis. Sedangkan otak kanan berhubungan dengan kreativitas.

7. Meredakan Gejala Attention Deficit Hyperactivity Disoder (ADHD)
ADHD perilaku psikologis yang membuat orang jadi super aktif dan gak bisa konsentrasi melakukan sesuatu. Dalam catur fokus adalah kunci utama strategi.

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi

RECOMMENDATION