Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Karena Bucin, CEO Zoom Jadi Salah Satu Orang Terkaya Dunia

Eric Yuan, CEO Zoom tercatat bertambah kaya Rp 96 triliun. Menariknya pundi pundi uang Eric bertambah di tengah pandemi. Saking tingginya kekayaan Eric, Dia masuk menembus daftar ar miliarder setelah kekayaannya menembus USD 1 miliar.

Kekayaan Eric Yuan disebabkan bertumbuhnya saham Zoom, sebuah aplikasi video conferance hingga 41%. Investor pasar saham membeli saham Zoom setelah perusahaan itu melaporkan kinerja yang baik. Saham Zoom yang tercatat di bursa saham Nasdaq 100 Index mencatat pendapatan USD 663,5 juta atau 355 persen. Pencapaian ini terjadi dalam kurun waktu Mei hingga Juli 2020. Tahun 2020 analis menduga nilai pendapatan aplikasi Zoom ditaksir mencapai USD 2,39 miliar.

Keuntungan aplikasi Zoom tidak datang secara instan. Eric, dalam mendirikan Zoom terinspirasi dari Bill Gates dalam sebuah acara di Jepang pada tahun 1994. Lalu, pada tahun 1997 Eric Yuan nekat pergi ke Amerika Serikat. Di sana Eric bekerja di WebEx. Dia menjadi salah satu dari 20 karyawan pertama perusahaan yang bermarkas di Silicon Valley.

Setelah WebEx diakuisisi oleh Cisco System pada tahun 2007, karir Eric Yuan cukup melesat. Dia akhirnya menjabat sebagai vice president engineering. Pada tahun 2011, Eric menggagas ide untuk membuat platform video konferensi untuk smartphone, namun syang ditolak. Tak berapa lama dia memilih untuk keluar dan mendirikan perusahaan sendiri bernama Zoom Video Commucitation.

Setelah berdiri, Zoom Video Communication memutuskan untuk mencatatkan sahamnya di bursa Amerika pada tahun 2007. Kini Zoom menjadi aplikasi video konferensi paling banyak diunduh per bulan Agustus 2020 versi lembaga riset Sensor Tower.

Kini nilai perusahaan Zoom milik Eric Yuan mencapai USD 31 miliar, seperti dilansir dari menurut Business Insider. Pengguna Zoom melonjak, bahkan Yuan pernah menyatakan pada bulan Maret, ada 200 juta meeting berlangsung tiap hari di Zoom.

Namun, tercetus awal pendirian Zoom bukan dari kekecewaan Eric saat idenya ditolak. Melainkan dari kisah masa mudanya saat berpacaran. Eric yang berkuliah di Shandong University of Science and Technology di Cina, pada tahun 1987, dia harus menempuh waktu 10 jam berkereta cuma buat pacaran.

Saat berpacaran dia harus menempuh perjalanan dengan berkerata dalam waktu 10 jam. Lalu dia berpikir, "gimana caranya ya bisa pacaran tatap muka tanpa naik kereta 10 jam?"

Gimana kisah founder Zoom ini selanjutnya? Bagaimana dia bisa masuk menjadi orang terkaya di dunia? Simak semuanya di video program The Real Deal terbaru ini.

RECOMMENDATION