Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Zoom Meeting Lebih Melelahkan dan Berdampak Pada Peningkatan Produktivitas Kerja

Work from home sebagai dampak pandemi membuat karyawan sering melakukan online meeting. Ilmuwan mengatakan online meeting via video call terasa lebih membebani karyawan dari pada meeting konvensional. Selain itu, beban online meeting yang berlebih juga bisa berdampak pada peningkatan produktivitas kerja. Perlu mengatur waktu kerja yang ketat terutama dalam melakukan online meeting.

Gianpiero Petriglieri, ilmuwan pengembangan kerja karyawan menemukan masalah online meeting terasa lebih berat buat karyawan. Alasannya adalah aktivitas online meeting memaksa otak kita kerja lebih ekstra untuk berkomunikasi lewat video. Dalam video otak dipaksa melihat isyarat non-verbal seperti ekspresi, bahasa dan suara. Belum lagi masalah delay jaringan membuat komunikasi terdistraksi.

Selain itu faktor internal manusia juga jadi masalah. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial memilki sifat yang kompleks. Petriglieri menyebutnya self complexity. Manusia berinterkasi, berkegiatan dan punya tujuan sebagai makhluk sosial. Dalam meeting online yang hilang adalah interaksi sosial membuat manusia merasa gelisah atas dirinya sendiri.

WFH juga membuat frekuensi rapat lebih banyak. Ini memperparah dampak dari kebanyakan meeting jadi gak produktif dan mental karyawan terbebani. Penelitian Wundamail tahun 2020 membuktikan 42% dari 20 ribu karyawan merasa kebanyakan meeting bikin gak produktif. Mereka cenderung aktif bekerja jika gak ada gangguan dalam waktu lama.

Kalau management tim kerja sudah seperti ini perlu cara untuk meningkatkan kembali produktivitas kerja. Ada beberapa tips yang perlu diketahui biar meeting online gak terasa beban.

LATEST