Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Dampak Negatif Makan Daging yang Banyak Tidak Diketahui

Faktanya, industri peternakan punya dampak pada bumi. Dalam sebuah buku, We are the Weather: Saving the Planet Begins at Breakfast, si penulis Jonathan Safran Foer, percaya ada perubahan iklim erat kaitannya dengan industri peternakan, khususnya yang berada di dalam ruangan. Jadi butuh perubahan dari manusia demi menjaga kelestarian bumi. Salah satunya mengurangi konsumsi daging sebagai upaya menekan perubahan iklim. Makanya jangan makan daging terus gaes..

Dampak industri peternakan memang terus menjadi perdebatan. Namun buku ini mencoba memberi perspektif dan fakta dampak dari industri peternakan terhadap perubahan iklim. Bukan hanya berbicara mesin-mesin industri, atau kendaraan sebagai alat transportasi manusia modern.

Sekedar catatan, industri peternakan yang disorot dalam buku ini hanya peternakan berskala besar dan dilakukan di dalam ruangan. Sedangkan usaha peternakan konvensional yang dilakukan di luar ruangan dan masih mempertahankan keberlanjutan.

Padahal langkah-langkah kecil dapat berkontribusi signifikan untuk mencegah perubahan iklim, seperti disampaikan Direktur Riset Project Drawdown. Dengan mengurangi konsumsi daging, mereduksi level konsumsi daging di dunia. Berdasarkan data, manusia mengonsumsi 65 miliar ekor daging setiap tahun. Sedangkan level konsumsi daging dan produk susu terkini adalah 431 kilogram daging dan meminum 4.542 liter susu setiap harinya.

Jadi saat kita melakukan langkah kecil, maka terjadi penurunan atas 7,52 miliar ton emisi CO2e per tahun atau 14,5 persen dari total emisi global setahun yang disumbang oleh industri peternakan. Hal ini berdasarkan estimasi yang disampaikan Organisasi Pangan dan Pertanian.

RECOMMENDATION