Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#lifestyle

Makanan untuk Imun Tubuh Biar Sehat Ikut Tes Mandiri Kampus

Lagi musim ujian mandiri kampus nih, konsumsi makanan untuk imun tubuh supaya tes masuk kuliah dalam keadaan fit.

Reza Rizaldy  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Ujian mandiri saja sudah sulit, apalagi melakukannya saat pandemi begini? Kita jadi dituntut untuk selalu jaga imun tubuh supaya tetap sehat. Makan makanan untuk imun tubuh supaya tes mandiri universitas tetap sehat.

Dalam sebulan ke depan adalah musim ujian mandiri universitas negeri maupun swasta. Ada CBT Ujian Mandiri UGM, SMUP UNPAD, UM ITS, SMUB (Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya), UM Undip, Seleksi Mandiri ITB dan sebagainya akan diadakan sebulan ke depan. Sudah pasti ini kesempatan emas buat kamu yang lagi berjuang masuk kuliah. Tentu gak mau terserang penyakit aneh-aneh apalagi COVID-19 bukan?

Cara paling murah adalah konsumsi makanan bernutrisi buat kuatkan imun tubuh. Ada banyak makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang gampang didapatkan. Minta tolong saja dibeliin atau dibuatkan orang rumah. Atau beli sendiri.

Berikut deretan makanan peningkat sistem imun tubuh biar musim tes mandiri kampus tetap sehat. Mari kita coba!

Makanan untuk imun tubuh telur tahu gulung sayuran/123rf
Makanan untuk imun tubuh telur tahu gulung sayuran/123rf

 

1. Tahu Telur Gulung Sayuran

Ini semacam telur dadar ala Jepang yang ditambahkan dengan sayuran. Tahu telur gulung sayuran salah satu makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Makanan ini mengandung padat protein, vitamin A, vitamin B12 dan selenium pelopor peningkat imun. Fusion antar telur, tahu dan sayuran juara lah buat jaga imun. Resepnya? Google aja.

2. Wedang Uwuh

Dosen Ilmu Gizi dan Kesehatan Universitas Negeri Semarang, Ari Yuniastuti merekomendasikan wedang uwuh buat meningkatkan sistem imun. Campuran kayu secang, daun kayu manis, cengkeh, jahe dan pala menghasilkan sejumlah zat antioksidan dan antibakteri. Sehingga, cocok buat meningkatkan imun.

“Mengonsumsi imunomodulator seperti wedang uwuh, mampu kembalikan sistem imun yang terganggu,” ungkapnya dikutip dari Kompas.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
3. Jahe

Ilustrasi minuman jahe/123rf
Ilustrasi minuman jahe/123rf

3. Jahe

Rempah yang satu ini gampang banget kamu beli di pasar. Zat dalam jahe punya kemampuan makrofag atau menyerap pengganggu imun. Kandungannya terdiri dari zingerone, shogaol dan gingerol. Gingerol mampu meningkatkan sel pembunuh virus apapun. Cocok kan biar kamu siap baca soal ujian mandiri?

4. Ikan Tuna

Ikan tuna punya sumber vitamin D dan zinc. Kedua zat ini cocok tugasnya memang membangkitkan tenaga dan sistem kekebalan imun. Kalau pembantu atau orang rumah gak masak, kamu mudah mendapatkan tuna di warteg sekitar rumah.

5. Bawang Putih

Konsumsi masakan apapun yang mengandung bawang putih. Kalau gak kamu bisa membuat jamu campuran bawang putih, cuka apel dan madu untuk meningkatkan imun.

Tonton juga:

Banyak hal bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya adalah dengan menghitung dan mengurangi jejak karbon.

Selain bikin tambah sedap, bawang putih mengandung konsentrasi tinggi sulfur dan allicin yang bertugas sebagai antivirus.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
6. Kunyit

Ilustrasi minuman kunyit/123rf
Ilustrasi minuman kunyit/123rf

6. Kunyit

Gak usah malu kalau tangan kuning karena kunyit. Rempah ini sakti banget buat peningkat sistem imun. Konsentrasi curcumin dalam kunyit mampu sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Cocoklah jadi makanan untuk imun tubuh.

7. Yoghurt

Produk olahan susu ini mengandung probiotik dan vitamin D. Kedua zat ini bekerja sama buat meningkatkan imun tubuh yang ada di badan kamu. Beli aja di mart depan komplek.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
8. Jeruk dan Anggur

Buah-buahan kaya vitamin/123rf
Buah-buahan kaya vitamin/123rf

8. Jeruk dan Anggur

Kenapa selalu ada jeruk dan anggur di deretan makanan sehat? Karena buah ini memang sakti. Kunci kesaktiannya ada di vitamin C, B-6, asam folat dan vitamin A. Vitamin C terutama mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dengan cepat. Kalau gak suka mungkin bisa kamu jadikan jus dan campur dengan susu.

9. Jambu Biji

Buah yang punya banyak biji dan agak asam ciri mengandung banyak vitamin. Jambu biji terdapat vitamin C yang mampu menstabilkan trombosit. Juga mudah memperbaiki sel yang rusak.

Ini baru 9 dari sekian banyak makanan peningkat sistem imun. Ada banyak lagi buah, rempah, sayuran, hewani dan makanan olahan lainnya. Jangan makan makanan yang menurunkan imun tubuh seperti gorengan, gula tambahan, junk food dan makanan berlemak tinggi. Sukses ujiannya ya.

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation