Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#lifestyle

Drakor Racket Boys Dianggap Sindir Indonesia, Begini Penjelasannya

Pada episode ke-5 drakor Racket Boys, terdapat adegan dan percakapan yang dianggap melecehkan Indonesia.

Edo Juvano  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Racket Boys jadi salah satu drama Korea yang saat ini tengah hangat diperbincangkan oleh netizen Indonesia. Drama Korea yang tayang di stasiun tekevisi SBS itu jadi buah bibir karena pada episode ke-5, terdapat adegan yang dianggap melecehkan Indonesia.

Wikimedia Commons.
Wikimedia Commons.

Di dalam dialognya, ada kalimat-kalimat dari skenario Racket Boys yang menggambarkan kekesalan para pemain bulutangkis Korea Selatan. Kalimat tersebut terdapat dalam adegan ketika mereka sedang berkumpul di restoran.

Kutipan Dialog yang Tuai Kritik

Saat itu, ceritanya mereka tengah berada di restoran hotel tempat mereka menginap dalam rangka event olahraga internasional di Jakarta. Restoran hotel itu pun dibuat semirip mungkin dengan yang ada di Indonesia, termasuk lokasi lapangan dan pendukung tim tuan rumah yang menggunakan figuran orang asli Indonesia.

Di episode tersebut terdapat adegan pelatih tim nasional Korea Selatan, Han Se Yoon berada di restoran hotel dan terjadilah dialog yang membuat penonton Indonesia naik pitam. Berikut kutipan dialognya.

“Kelakuan yang buruk,” kata sang pelatih sambil memukul meja.

“Pak, tenang. Bapak tahu ini bukan kali pertama,” kata salah satu atletnya.

“Kamarnya buruk sekali. Mereka (tuan rumah) berlatih di stadion dan kita dipaksa latihan di salah satu tempat latihan yang tidak terdapat AC. Si berengsek itu,” lanjut sang pelatih lagi.

“Ada satu alasan. Han Se-yoon (salah satu atlet Korea Selatan). Mereka ingin mengalahkannya apa pun caranya. Jangan khawatir soal Se-yoon. Kita sudah menemukan strateginya,” kata sang pelatih lagi.

Bukan hanya itu adegan yang menuai kritikan. Adegan lain yang dapat kritikan adalah dialog aktris Oh A Rin yang mengatakan bahwa ada yang mengejek mereka dalam pertandingan. Kalimat tersebut merujuk pada pendukung tim Indonesia yang digambarkan mengejek dan meneriaki Se Yoon karena berhasil memenangkan pertandingan.

Kedua adegan tersebut dianggap netizen Indonesia memberi kesan buruk terhadap fasilitas, suporter, serta panitia pelaksana bulutangkis Indonesia. Tak heran, netizen Indonesia pun membanjiri kolom komentar media sosial SBS dan juga YouTube resmi stasiun televisi tersebut.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
Petisi permintaan maaf....

Petisi Permintaan Maaf

Setelah keroyokan menyerang semua akun media sosial SBS, netizen Indonesia kemudian kompak bikin petisi agar pihak SBS segera meminta maaf kepada Indonesia. Petisi tersebut dibuat melalui situs change.org dengan judul “SBS Wajib Minta Maaf Atas Hinaan ke Indonesia di Drama Racket Boys!” Hingga Jumat (18/06), petisi itu sudah menembus 855 tanda tangan untuk menuju 1.000.

Petisi itu menyebut bshwa SBS atau Netflix yang menayangkan Racket Boys harus mencabut episode 5 dengan menjamin tidak akan ada lagi adegan serupa yang melecehkan Indonesia di drakor tersebut maupun di drama-drama lainnya.

Berikut adalah isi petisi tersebut:

"Pada episode 5 drama Korea “Racket Boys” ditayangkan adegan di mana pelatih menjelek-jelekkan budaya dan penonton bulu tangkis Indonesia. Adegan tersebut berisi dialog yang intinya menyebut fasilitas untuk atlit badminton Korea Selatan sangat buruk, dan para penonton Indonesia tidak sopan. Ini sangat bertentangan dengan realitas yang terjadi.

Penonton dan pemerintah Indonesia sangat menjunjung tinggi sportivitas, itulah yang membuat kami sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 lalu. Penonton Indonesia bahkan turut menyemangati atlet-atlet dari Korea Selatan.

Jumlah penonton drama Korea di Indonesia juga tidak sedikit. Indonesia adalah salah satu pangsa besar market Kpop dan Kdrama yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Oleh sebab itu, kami meminta SBS dan Penulis Drama meminta maaf secara formal atau bahkan mencabut episode 5 tersebut dengan menjamin tidak akan ada adegan serupa yang menghina Indonesia di drama-drama berikutnya."

Permintaan Maaf Akhirnya Dilayangkan Pihak SBS

Menanggapi kritikan dan petisi tersebut, SBS akhirnya melayangkan permintaan maaf yang ditulis lewat akun Instagram miliknya.

Image: Instagram @sbsdrama.official
Image: Instagram @sbsdrama.official

“Kami dari tim produksi [Racket Boys] menyampaikan permohonan maaf mengenangkan pertandingan yang tersiar di episode 5, kami tidak bermaksud untuk merendahkan negara, pemain atau penonton tertentu. Namun demikian, kami mohon maaf atas beberapa adegan yang telah menyinggung pemirsa kami dari Indonesia. Kami akan memperhatikan dengan seksama untuk episode selanjutnya,” tulis akun tersebut.

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation