Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#lifestyle

Cara Edit Video di TikTok Buat Pemula Biar Viral dan Muncul di FYP

Kalau kalian pemula yang baru punya TikTok dan bingung gimana buat sekaligus cara edit video di TikTok dan viral, itu artinya kalian wajib baca artikel ini sampai habis.

Edo Juvano  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Aplikasi TikTok saat ini digemari dan digandrungi banyak kalangan. Meski mayoritas penggunanya merupakan kalangan anak muda, namun tak sedikit pula orang tua yang mengunduh aplikasi besutan ByteDance ini. Kalau kalian pemula yang baru punya TikTok dan bingung gimana buat sekaligus cara edit video di TikTok dan viral, itu artinya kalian wajib baca artikel ini sampai habis.

Photo by Solen Feyissa on Unsplash
Photo by Solen Feyissa on Unsplash

Terbatasnya durasi video di TikTok bikin banyak orang justru menjadi tertantang untuk membuat video semenarik mungkin dalam waktu kurang dari satu menit. Terbukti, banyak sekali konten-konten menarik yang membuat para pengguna aplikasi ini terhibur.

Walaupun singkat, kalian harus benar-benar memperhatikan cara membuat dan mengedit video di TikTok agar video yang kalian upload ditonton banyak orang dan masuk dalam daftar For Your Page (FYP) di TikTok.

Bahkan ada beberapa content creator TikTok yang memberi tips bagi para pemula bahwa semakin rajin upload video menarik, semakin besar pula kemungkinan video kalian ditonton banyak orang.

Nah, kalau kalian lagi kepikiran mau bikin video TikTok buat kali pertama tapi gak tau cara gimana mulainya, kalian gak usah bingung, coba kalian ikuti sejumlah langkah mudah berikut.

1. Download dan Daftar di TikTok

Pertama-tama, langkah yang harus dilakukan pastinya download dulu aplikasi TikTok di App Store buat pengguna iPhone dan Google Play Store buat pengguna Android. Kalian bisa langsung download saja, lalu daftar dan mulai bikin akun. Untuk memudahkan proses registrasi, kalian bisa daftar dengan menghubungkan TikTok kalian ke Facebook, Twitter atau akun Gmail.

2. Set-up Profil Akun

Usai menyelesaikan proses registrasi, kalian bisa langsung aja masuk ke profil dengan tap ikon “Me” yang terletak tepat di sudut kanan bawah layar, kemudian pilih edit profil.

Photo by Aaron Weiss on Unsplash
Photo by Aaron Weiss on Unsplash

Supaya profil kalian jadi lebih menarik, kalian bisa menambahkan gambar atau video buat profil kalian, dan jangan lupa buat isi kolom bio dengan deskripsi singkat yang gambarin diri kalian. Pas bikin akun pertama kali, biasanya username kalian masih berupa deretan angka, tapi username ini bisa kalian ubah sesuai nama akun yang kalian mau.

Kalian juga bisa memasukkan link Instagram, YouTube dan Twitter kalian ke profil TikTok supaya konten kalian bisa lebih gampang terekspos sekaligus buat alat promosi kalau barangkali kalian punya bisnis atau brand dan pengin memasarkannya lewat konten di TikTok.

3. Cari-cari Ide

Setelah itu, tap ikon “Home” untuk tahu rekomendasi konten yang ditawarkan TikTok. Sama kayak Instagram, Twitter atau YouTube, aplikasi ini juga akan menampilkan rekomendasi akun-akun yang kontennya mungkin kalian suka buat kalian tonton atau bahkan kalian follow.

Kalian bisa mulai cari-cari ide mau bikin video TikTok apa. Dari sejumlah video dan akun yang direkomendasi, biasanya pengguna mulai meniru apa yang lagi tren dan banyak dibikin orang. Di sinilah kalian bisa menyalurkan kreativitas.

Kalau kalian udah tau akun favorit atau mau cari nama pengguna TikTok, kalian bisa mencarinya sendiri lewat pencarian akun, hashtag, sounds, video atau challenge yang lagi ramai dibuat pengguna TikTok lainnya dengan tap ikon pencarian atau “Discover”. Caranya gampang, ketik aja nama akun, sounds, hashtag atau challenge yang lagi kalian cari di kolom pencarian.

4. Berinteraksi

Ketika kalian udah paham gimana cara nyari akun dan mulai aktif nonton konten-konten di TikTok, coba mulai berinteraksi dengan ngasih reaksi, contohnya seperti menyukai (tap ikon love), komentar, atau share konten yang udah kalian tonton.

Opsi ini tersedia di kanan layar saat konten video sedang kalian tonton. Kalau mau follow akunnya, kalian tinggal swipe ke kiri untuk ke halaman profilnya dan tap tulisan subscribe pada halaman akun si creator tersebut.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
Bikin konten video sendiri....

5. Bikin Konten Video Sendiri

Setelah mengamati, pasti kalian tertarik untuk mulai bikin video sendiri. Cara mulai bikin video sendiri bisa dengan tap ikon plus (+) di bagian tengah bawah layar untuk mulai merekam.

Photo by Aaron Weiss on Unsplash
Photo by Aaron Weiss on Unsplash

Kalian sekarang bisa tap tombol rekam di tengah layar dan mulai merekam. Supaya tidak perlu menahan tombol rekam, caranya bisa dengan mengatur batas waktu merekams, sementara kalian bisa bebas bergerak dan berekspresi.

6. Edit-edit

Setelah merekam video, kalian bisa mengeditnya dengan menambahkan lagu, teks, filter, dan lain-lain agar video kalian lebih terlihat menarik untuk ditonton. Pada layar akan tampil sejumlah opsi untuk mengedit video, ada flip, speed, beauty, timer, filter, effects dan lainnya. Setelah ngedit, tap “Next” dan kalian akan dibawa ke halaman berikutnya buat ngaish caption sebelum di-upload.

Eh, tapi gimana kalau kalian pengguna TikTok pemula yang belum terlalu paham cara ngedit videonya? Tenang, simak cara edit video TikTok berikut ini.

Langkah-langkah edit video di TikTok buat pemula:
  • 1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah merekam video secara manual melalui kamera atau dari TikTok langsung.
  • 2. Kalau kalian udah pernah merekam video sebelumnya, kalian cuma perlu tap ikon (+) di bagian tengah aplikasi dan pilih gallery di sisi kanan bawah.
  • 3. Tapi kalau kalian belum merekam video sebelumnya, kalian perlu menekan lama icon merah yang ada di bagian tengah.
  • 4. Setelah memilih video yang akan diedit pastikan video yang kamu pilih kurang dari satu menit, lalu pilih menu next di bagian bawah kanan.
  • 5. Usai memilih video, cara mengedit video TikTok selanjutnya adalah memasukan effect yang ada di TikTok, banyak effect yang bisa kamu pilih untuk konten video kali ini.
  • 6. Setelah memilih efek, jika kamu ingin memasukan tulisan, kamu bisa menambahkan tulisan yang terletak di baris bawah satu deret dengan effects.
  • 7. Kalian bisa memilih warna hingga model text yang kamu inginkan.
  • 8. Setelah memilih font, kamu bisa mengatur besar hingga kecil text dan letaknya berada di mana.
  • 9. Tak hanya itu kalian juga bisa mengatur kapan text tersebut muncul di video, dengan menekan lama text tersebut dan pilih menu “atur durasi”.
  • 10. Langkah terakhir cara edit video TikTok ini menambahkan musik, menu pilihan musik tersebut berada di bagian bawah 'Sounds'. Beragam macam pilihan lagu mulai dari musik yang lagi viral sampai dengan mix.
  • 11. Setelah musiknya cocok, kalian bisa langsung upload.

Nah, itu tadi sejumlah langkah mudah gimana cara bikin video TikTok buat pemula. Awal-awal pasti membingungkan, tapi kalian mulai coba aja dulu pelan-pelan, nanti lama-lama juga kreativitas kalian bakal terasah dan ketagihan!

Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation