Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#lifestyle

Tambah Referensi Lo Lewat Ucapan Unik Selamat Lebaran dari Setiap Negara

Biar gak bosen sekaligus nambah referensi lo, artikel ini bakal nyebutin ucapan unik selamat lebaran dari setiap negara.

Edo Juvano  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Gak terasa bulan Ramadan segera berakhir dan umat muslim seluruh dunia akan segera menyambut Hari Raya Idulfitri. Biasanya, dalam menyambut hari raya pasti umat muslim di seluruh dunia memiliki ucapan selamat lebaran yang berbeda-beda. Biar gak bosen sekaligus nambah referensi lo, artikel ini bakal nyebutin ucapan unik selamat lebaran dari setiap negara.

Photo by Abdullah Mukadam on Unsplash
Photo by Abdullah Mukadam on Unsplash

Sebelumnya, tiap lebaran kita pasti sering kali mengucapkan selamat lebaran dalam berbagai bentuk kalimat. Biasanya kita ucapkan sehabis menunaikan solat Ied kepada keluarga, tetangga, dan lainnya. Bisa juga ucapan tersebut kita tulis dalam bentuk kartu ucapkan yang disisipkan dalam hampers atau parcel.

Ucapan selamat lebaran yang mungkin paling sering kita dengar dan ucapkan adalah “Minal aidin wal faizin”. Banyak yang masih beranggapan bahwa ucapan tersebut memiliki arti “Mohon maaf lahir dan batin”. Namun ternyata anggapan tersebut keliru, arti sebenarnya secara harfiah adalah “Termasuk dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”.

Photo by Sid Balachandran on Unsplash
Photo by Sid Balachandran on Unsplash

Ucapan selamat lebaran lain yang gak kalah terkenal adalah “Taqobalallahu minna wa minkum”. Para sahabat Rasulullah SAW menambahkan kata-kata “Shiyamana wa shiyamakum” pada kalimat tersebut, sehingga jika keduanya digabungkan maka artinya adalah “Semoga Allah SWT menerima amalan puasa saya dan kamu”.

Nah, biar ucapan hari raya lebaran kalian gak itu-itu aja, berikut ada beberapa referensi ucapan selamat lebaran unik dari beberapa negara di beragam belahan dunia.

Ucapan Selamat Idulfitri di Beberapa Negara

Negara-negara Berbahasa Inggris

Mungkin udah banyak yang udah tau gimana ucapan selamat Idul Fitri dalam bahasa Inggris. Biasanya, jika dalam bahasa Inggris, ucapan selamat Idul Fitri disebutkan dengan kalimat “Happy Eid”.

Meski demikian, ada juga beberapa negara berbahasa Inggris yang menggunakan ungkapan “Eid Mubarak” sebagai ucapan selamat lebaran. Ungkapan ini berasal dari bahasa Arab yang artinya “Semoga kamu mendapatkan hari raya Idul Fitri yang diberkahi”.

Negara-negara Berbahasa Arab

Selain Eid Mubarak, dalam bahasa Arab ucapan selamat Idulfitri juga diucapkan dengan “Taqaballahu minna wa minkum” yang berarti “Semoga Allah menerima kamu dan perbuatan baikmu”. Ada juga yang mengucapkan “Eid Saeed’ yang artinya “Selamat Idul Fitri”. Ungkapan ini banyak digunakan di negara-negara Timur Tengah yang berbahasa Arab atau bahasa Urdu.

Turki

Di negara Turki, ada sejumlah kalimat yang digunakan untuk mengucapkan selamat Idul Fitri. Contohnya seperti “Ramazan Bayrami” atau “Bayraminiz Kutlu Olsun” yang dapat diartikan sebagai perayaan Ramadan. Selain dua kalimat itu, ada juga ucapan “Roşanê Şima Bimbarek Bo” yang digunakan masyarakat Turki khususnya di wilayah timur.

Jepang

Bagi kalian yang sedang berada di Negeri Matahari Terbit, kalian tetap bisa mengucapkan teman-teman yang merayakan hari raya Idul Fitri dengan menuliskan “イード・アルフィトルおめでとうございます”, atau jika dilafalkan berbunyi “Ido arofitoru omedetou gozaimasu”, artinya “Selamat Idulfitri”.

Spanyol

Kalau dalam bahasa Spanyol, kita bisa mengucapkan ucapan selamat Idulfitri dengan ungkapan “Feliz eid”. Selain itu, ucapan selamat Idul Fitri juga bisa diartikan “Eid bendito” yang maknanya mirip dengan “Eid Mubarak”.

China

Ucapan selamat Idulfitri dalam bahasa Mandarin bisa kita tuliskan begini, teman-teman,“开斋节快乐”, yang dapat kita baca menjadi “Kāizhāi jié kuàilè”. Maknanya adalah “Selamat Idul Fitri”.

Perancis

Hampir mirip dengan bahasa Inggris, ucapan selamat Idul Fitri dalam bahasa Perancis adalah “Aid Moubarak”.

Demikian beberapa ucapan selamat Idul Fitri di beberapa negara yang bisa langsung kalian praktikkan ke teman-teman atau keluarga. Nah selain ucapan di atas, ucapan selamat lebaran negara mana lagi yang kalian ketahui?

Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation