Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Ramadan jadi bulan yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Muslim. Selain dinanti karena penuh dengan berkah dan pahala, bulan Ramadan juga penuh dengan fakta-fakta menarik dari seluruh dunia.



Fakta menarik tentang Ramadan di berbagai belahan dunia salah satunya terdapat di Burj Khalifa, gedung pencakar langit yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab.



Sebelum kita masuk ke dalam fakta tentang Ramadan, kita kasih tau dulu beberapa fakta unik tentang Menara Burj Khalifa.
 
 
 
 
 
 
 
 
0
METER
Tinggi Menara Burj Khalifa adalah 828 meter (2.716,5 kaki). Memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia, tiga kali lebih tinggi dari Menara Eiffel.
0
LANTAI
Selain itu, Burj Khalifa juga memegang rekor lainnya, seperti gedung dengan jumlah lantai terbanyak di dunia (163 lantai), serta gedung dengan jarak tempuh lift terpanjang di dunia, serta gedung dengan lift tercepat.
0
TIANG
Burj Khalifa memiliki pondasi beton dan baja berisi 192 tiang yang terkubur lebih dari 50 meter.
0
GAJAH
Konstruksi Burj Khalifa menggunakan 330.000 m3 beton dan 39.000 ton baja. Ini setara berat 100.000 ekor gajah.
0
JUTA GALON AIR
Sebanyak 15 juta galon air dibutuhkan per tahunnya untuk irigasi untuk menyirami tanaman, untuk sistem pendingin, dan untuk memasok air mancur.
0
TAHUN
Pembangunan Burj Khalifa memakan waktu enam tahun. Mulai dari penggalian dasar pada Januari 2004, hingga resmi dibuka pada 4 Januari 2010.
0
METER/DETIK
Kecepatan lift Burj Khalifa adalah 10 meter per detik.
0
KILOMETER
Ujung Menara Burj Khalifa dapat dilihat hingga jarak 95 kilometer.
00
KARYAWAN
Sebanyak 12.000 karyawan bekerja di Menara Burj Khalifa setiap harinya.
Burj Khalifa dirancang menyerupai bunga Hymenocallis.
 
 
 
 
 
 
 
 
Mengapa Durasi Puasa Tiap Negara Bisa Berbeda?
Sejatinya, puasa dimulai saat cahaya fajar muncul di kaki langit timur dan berakhir ketika piringan teratas Matahari meninggalkan garis kaki langit barat sehingga dapat dikatakan terbenam sempurna.

Tapi, kedudukan matahari berbeda-beda mengikuti gerak semu tahunannya, sehingga durasi puasa di seluruh dunia pun berbeda-beda, tergantung kedudukan garis lintangnya. Semakin garis lintang mendekat ke arah kutub, maka durasi puasa akan semakin panjang.

Indonesia termasuk salah satu negara dengan durasi puasa paling cepat, yakni 13 jam, karena berada di kawasan tropis.
Durasi puasa tercepat adalah sekitar 11,5 jam, meliputi wilayah atau negara seperti:
  • Wellington, Selandia Baru
  • Buenos Aires, Argentina
  • Cape Town, Afrika Selatan
  • Canberra, Australia
  • Santiago, Chile

Sementara itu, Uni Emirat Arab terdiri dari tujuh negara bagian, salah satunya Dubai. Saat Ramadan, orang yang berada di Dubai harus berpuasa dengan durasi rata-rata selama 15 jam.
 
 
 
 
 
 
 
 
Makin Tinggi Lantai, Makin Lama Durasi Puasa
Kalau suatu saat kalian bisa buka puasa di Burj Khalifa pada bulan Ramadan, kalian mungkin harus ekstra sabar. Bukan karena pengunjung yang ramai atau pelayanan yang lelet, tapi karena semakin tinggi lantai tempat kalian berbuka, matahari akan tampak terbenam lebih lama.

Seorang asli astrofisika, Neil deGrasse Tyson mengatakan:
During Ramadan, daytime fasting for Muslims ends at sunset. But for Dubai’s Burj Khalifa, the tallest building in the world, the sun sets four minutes later at the top than at the bottom. High-floor dwellers see beyond the ground-level horizon, farther along earth’s curvature.
Penyebab utama fenomena unik ini adalah matahari akan terlihat lebih awal pada waktu subuh, tetapi akan menghilang lebih lama pada waktu magrib.

Hal ini sejalan dengan ilmu astronomi yang menyebutkan bahwa matahari akan terbit lebih awal dan terbenam lebih lama di dataran yang lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan tanah di lokasi yang sama.

Agar lebih terbayang jelas, berikut visualnya.
lantai 121-163
Berpuasanya lebih lama 6 menit. Pasalnya di ketinggian ini, Subuh tiba 3 menit lebih awal, sedangkan Magrib datang 3 menit lebih lama.
lantai 60-120
Berpuasa lebih lama 4 menit dari jadwal biasanya. Pasalnya, di ketinggian ini, Subuh tiba 2 menit lebih awal, sedangkan Magrib datang 2 menit lebih lama.
lantai 1-59
Mengikuti jadwal imsakiyah Dubai seperti biayasanya.
 
 
 
 
 
 
 
 
Ramadan tahun ini merupakan ramadan kedua kita di tengah situasi pandemi. Di saat liburan bahkan pulang ke kampung halaman pun dilarang, tidak ada salahnya jika kami hadirkan wisata secara virtual untuk segarkan mata dan melepas kebosanan. Barangkali jika pandemi usai dan uang telah terkumpul, keinginan untuk bepergian termasuk ke Burj Khalifa bisa terwujud.