Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#lifestyle

Ampas Kopi Jangan Dibuang! Manfaatin Jadi Beberapa Hal Berguna Ini

Biasanya orang membuang ampas kopi yang tersisa setelah diminum, tapi abis baca artikel ini, mungkin lo bisa pertimbangin lagi buat buang atau gunain kembali sebagai sesuatu yang berguna.

Edo Juvano  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Kopi adalah salah satu minuman populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Biasanya orang membuang ampas kopi yang tersisa setelah diminum, tapi abis baca artikel ini, mungkin lo bisa pertimbangin lagi buat buang atau gunain kembali sebagai sesuatu yang berguna.

Photo by Mike Kenneally on Unsplash
Photo by Mike Kenneally on Unsplash

Ampas kopi punya banyak manfaat praktis yang bisa lo lakuin selama di rumah aja. Kalo lo gak banyak bikin kopi di rumah, banyak juga kok coffee shop yang punya banyak ampas kopi dan biasanya mereka kasih dengan senang hati.

Nah, langsung aja nih 10 penggunaan kreatif untuk ampas kopi bekas.

1. Pupuk Tanaman

Sebagian tanah gak punya nutrisi penting yang dibutuhin buat mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Padahal saat tanaman tumbuh, mereka menyerap nutrisi dari tanah. Makanya, sebagian besar tanaman perlu dipupuk buat mastiin kalo mereka dapet nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Ampas kopi sendiri mengandung beberapa mineral yang penting buat pertumbuhan tanaman: Nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, dan magnesium. Ampas kopi juga bisa bantu nyerap kandungan logam yang bisa mencemari tanah.

Untuk menggunakan ampas kopi sebagai pupuk, cukup taburkan aja ke tanah di sekitar tanaman lo.

2. Bahan Buat Kompos

Kalo lo gak buru-buru butuh pupuk, lo bisa banget nyimpen ampas kopi buat dijadiin kompos. Sekadar informasi, pengomposan adalah proses alami yang ngubah zat-zat organik kayak sisa makanan jadi bahan kaya nutrisi.

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Zat lain yang bisa dipake buat kompos bisa termasuk potongan rumput, daun, kulit kayu, kertas koran, kulit telur, roti basi dan sisa buah atau sayuran. Zat yang harus dihindari dalam pembuatan kompos antara lain adalah daging, sisa ikan, produk susu, tanaman yang sakit, dan minyak.

Ngasih kompos ke tanaman lo bisa ningkatin kesehatan tanaman secara signifikan. Apalagi ampas kopi juga bisa bantu ningkatin nutrisi sekaligus ngurangin emisi gas rumah kaca.

3. Mengusir Serangga dan Hama

Senyawa tertentu dalam kopi kayak kafein dan diterpen, bisa sangat beracun bagi serangga. Oleh karena itu, lo bisa gunain ampas kopi ini buat ngusir hama. Ampas kopi efektif buat ngusir nyamuk, lalat buah dan kumbang.

Untuk menggunakan ampas kopi sebagai pembasmi serangga dan hama, cukup taruh mangkuk berisi ampas kopi atau taburkan di sekitar area tempat duduk luar ruangan.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
Sebagai obat kutu....

4. Singkirkan Kutu Hewan Peliharaan

Kutu adalah masalah umum pada hewan peliharaan. Apalagi ngobatinnya bisa makan biaya yang gak sedikit dan makan waktu yang lama. Emang sih, banyak produk pembasmi kutu di pasaran, tapi banyak juga yang mengandung bahan kimia dan bisa menimbulkan efek samping yang gak diinginkan.

Untungnya, kutu gak demen sama kopi, dan lo mungkin bisa mempertimbangkan ampas kopi sebagai pengobatan alami. Caranya, cukup gosok ampas ke seluruh bulu hewan peliharaan setelah keramas. Kemudian bilas dan biarkan hewan peliharaan mengering seperti biasa. Tapi inget, ampas kopi cuma boleh digunakan di luar tubuh hewan ya, bisa jadi racun kalo dikonsumsi.

5. Menetralkan Bau Tidak Sedap

Bubuk kopi mengandung nitrogen, yang bantu ngilangin gas belerang berbau busuk dari udara saat dikombinasikan dengan karbon. Dengan kata lain, ampas kopi bisa bantu menyerap dan menghilangkan bau.

Photo by Mike Kenneally on Unsplash
Photo by Mike Kenneally on Unsplash

Lo bisa taruh semangkuk ampas kopi di kulkas atau freezer buat menetralkan bau dari makanan. Lo juga bisa ngisi kaus kaki dengan bubuk kopi dan mengikatnya buat bikin penyegar udara portabel. Ini bisa lo taruh di sepatu, tas olahraga, laci kamar tidur, di bawah kursi mobil atau di mana pun yang mungkin perlu penghilang bau.

Lo bahkan bisa menyimpan bubuk kopi di wastafel dan gunainnya buat gosok tangan abis motong bawang putih atau bawang bombay. Bubuknya akan membantu menghilangkan bau dari tangan.

6. Gosok Panci dan Wajan

Tekstur bubuk kopi yang kasar membuatnya ideal untuk menggosok peralatan dapur yang sulit dibersihkan.

Lo bisa menggunakannya untuk mengikis piring hingga bersih dan mengeluarkan makanan yang menempel dari panci dan wajan. Taburkan bubuk kopi langsung ke dalam panci dan wajan, lalu gosok seperti biasa. Pastikan untuk membilas hingga bersih setelahnya.

7. Menghilangkan Bekas Selulit

Selulit adalah suatu kondisi yang membuat kulit tampak menggembung. Ini mempengaruhi 80–90% perempuan dewasa. Ini terjadi ketika timbunan lemak mendorong melalui jaringan ikat di bawah kulit dan biasanya terlihat di bokong dan paha.

Ketika kafein seperti yang ada di bubuk kopi dioleskan, ini bisa membantu memecah lemak ini dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut, sehingga mengurangi munculnya selulit.

Caranya, campurkan bubuk kopi dengan air atau minyak kelapa dan gosok selama 10 menit dua kali seminggu di area yang terkena selulit.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
Sebagai pewarna....

8. Sebagai Pewarna Alami

Kalo lo pernah numpahin kopi di baju putih, lo tau tumpahannya pasti meninggalkan noda. Dengan basahin ampas kopi bekas, lo bisa bikin pewarna yang murah dan alami dan bisa digunakan untuk mewarnai kapas, rayon, plastik, linen dan kertas.

Pewarna makanan dan rambut komersial bisa mengandung ratusan bahan kimia, banyak di antaranya bisa menyebabkan kanker. Ampas kopi bisa jadi alternatif yang bagus untuk pewarna tradisional.

9. Melembutkan Daging

Daging mengandung serat otot dan protein yang bisa memberikan konsistensi yang kuat. Daging yang empuk membantu memecahnya, menghasilkan tekstur yang lebih lembut.

Garam, enzim, dan asam adalah tiga jenis pelunak daging alami. Kopi mengandung asam dan enzim alami, membuatnya sangat efektif untuk melunakkan daging. Sifat asam kopi juga bisa membantu meningkatkan rasa daging.

Cukup tambahkan ampas kopi dan oleskan ke daging dua jam sebelum dimasak. Bubuknya akan matang di atas daging dan membentuk kerak yang gelap dan renyah.

10. Memperbaiki Furnitur yang Lecet

Kalo lo punya furnitur kayu yang mudah lecet dan tergores, ampas kopi bisa jadi solusi buat lo.

Caranya, pertama-tama, buat pasta kental dari ampas kopi bekas dan air. Kemudian gosok pasta itu ke bagian yang lecet, keringin pake kapas, biarkan selama 5–10 menit lalu bersihkan dengan kain katun. Tahapan ini akan bantu menghaluskan goresan dan menyembunyikannya dengan mengecat kayu yang terbuka menjadi warna coklat tua.

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation