Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#lifestyle

Vaksin Tahap 2 Sudah Mulai, Cara Daftar Vaksinasi di Puskesmas untuk Lansia

Pada tahap ini kelompok yang diutamakan yaitu orang tua, pedagang pasar dan pelayan masyarakat. Berikut cara daftar vaksinasi di puskesmas untuk orang tua kalian.

Reza Rizaldy  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Akun Twitter @RadioElshinta mencuit foto antrean vaksin membludak di Pasar Tanah Abang. Dalam foto tersebut antrean terlihat berdesak-desakan tanpa menjaga jarak. Minggu kemarin sebuah video viral sejumlah orang tua mengantre untuk daftar vaksinasi di RSID Kembangan, Jakarta Barat. Diketahui para orang tua gak mengerti cara daftar vaksinasi di puskesmas atau fasilitas kesehatan secara online, terpaksa daftar secara manual.

Vaksinasi tahap 2 sudah dimulai Kementerian Kesehatan sejak 17 Februari 2021. Golongan orang yang diutamakan vaksinasi di tahap 2 ini yaitu pekerja publik, ulama dan orang lanjut usia. Pelaksana Tuga Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi di Pasar Tanah Abang menjadi pilot project selama enam hari. Kemenkes menargetkan 55 ribu pedagang pasar.

“Dan diketahui, total sasaran vaksinasi tahap 2 ini mencapai 38.513.446 yang terdiri dari 21 juta lansia, dan 17 juta pelayan publik,” ungkap Maxi dikutip dari Kompas.

GOLONGAN ORANG YANG MENDAPATKAN VAKSINASI TAHAP 2
  • Lansia
  • Tenaga Pendidik
  • Wakil Rakyat
  • Tokoh Agama
  • Pelayan Publik dan Pejabat Wilayah
  • Pedagang Pasar
  • Pegawai BUMN dan BUMD
  • Petugas Transportasi
  • Wartawan dan Pekerja Media
  • Atlet
  • Pekerja Sektor Pariwisata

Cara pendaftarannya cukup mudah, untuk lansia tinggal datang langsung ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat. Pendataan lansia sudah dilakukan oleh Kemenkes bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan BPJS Kesehatan.

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksinasi COVID-19 pada warga lanjut usia (lansia) di RSUD Tanjung Priok, Jakarta Utara/Antara
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksinasi COVID-19 pada warga lanjut usia (lansia) di RSUD Tanjung Priok, Jakarta Utara/Antara

Ada 4 Skema Pelayanan Vaksinasi Massal Tahap 2

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmara menjelaskan vaksinasi tahap 2 dilakukan dengan 4 skema.

Berikut 4 sekam vaksinasi tahap 2

1. Pelayanan vaksinasi di sekitar 13.600 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia
2. Vaksinasi yang dilakukan di kantor atau tempat kerja
3. Vaksinasi Massal di tempat umum
4. Vaksinasi massal bergerak dengan sasaran tertentu

Reisa mengingatkan masyarakat untuk selalu patuh 3M (Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak). Dan memastikan vaksinator adalah tenaga kesehatan profesional. “Pemerintah memastikan pelaksanaan vaksinasi hanya dilakukan oleh vaksinator tenaga kesehatan yang terlatih,” ujar Reisa.

HALAMAN SELANJUTNYA next page
Cara Daftar Vaksinasi Tahap 2

Sejumlah warga lanjut usia (lansia) antre untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 di RSUD Tanjung Priok, Jakarta Utara/Antara
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) antre untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 di RSUD Tanjung Priok, Jakarta Utara/Antara

Cara Daftar Vaksinasi Tahap 2 di Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Lain

Jika kalian tinggal dengan orang tua atau kakek nenek yang berusia di atas 60 tahun, cara daftar vaksinasi tahap 2 di puskesmas atau faskes lain cukup mudah. Langsung saja datangi faskes untuk lakukan vaksinasi. Karena sudah didata oleh Kemenkes dan Kemendagri bersama BPJS Kesehatan.

Tonton juga:

Stop dulu bahas soal vaksin covid-19. Mending kita ngaca dulu deh. Katanya new year, new me. Halah, tetep aja kelakuan lo pada masih sama kayak taun lalu.

“Tidak ada hubungan dengan BPJS ya, silakan datang saja ke Puskesmas dan RS pemerintah terdekat,” kata Jubir Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dikutip dari CNN Indonesia.

Untuk lansia yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan perlu surat keterangan dokter. Surat menandakan penerima vaksin komorbid gejalanya terkendali dan bisa mendapatkan vaksin.

Nadia melajnutkan dilakukan pendaftaran secara manual masyarakat perlu menyiapkan KTP, kartu identitas kerja dan mengisi sejumlah formulir yang disiapkan pihak Puskesmas.

Kalau gak mau ribet mengantre kalian bisa daftar vaksinasi terjadwal secara online untuk orang tua kalian. Tinggal mengisi formulir yang disediakan oleh Kemenkes dari sejumlah provinsi di Indonesia. Setelah mengisi formulir dikirim online, penerima vaksin menunggu kabar jadwal vaksinasi dari puskesmas setempat via SMS.

Berikut link formulir pendaftaran vaksinasi tahap 2:

- Link untuk Lansia di DKI Jakarta
- Link untuk Lansia di Jawa Barat
-
Link untuk Lansia di Jawa Tengah
-
Link untuk Lansia di Jawa Tengah
- Link untuk Lansia di DIY Yogyakarta
-
Link untuk Lansia di Jawa Timur
- Link untuk Lansia di Banten
- Link untuk Lansia di Bali

Untuk wilayah di luar Pulau Jawa bisa mencari lewat link Kemenkes berikut. Link Kemenkes.

Pendaftaran vaksinasi juga bisa dilakukan secara berkelompok oleh pihak kantor pelayan publik atau organisasi yang termasuk dalam golongan orang yang diutamakan vaksinasi tahap 2. Kantor atau organisasi mendaftar ke Kemenkes atau Dinas setempat untuk melakukan vaksinasi massal di tempat yang mereka sediakan. Ini harus bekerja sama dengan Kemenkes agar gak terjadi penyalahgunaan vaksinasi.

Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation