Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Inspirasi Investasi Saham Bocah 12 Tahun

Bocah 12 tahun asal Korea Selatan Kwon Joon, berhasil untung saham sebesar 43% selama pandemi. Kalau anak SD pada umumnya punya role model Atta Halilintar, Kwon mengidolakan pengusaha dan konsultan bisnis terkenal Warren Baffet.

Kunci rahasia Kwon jago berinvestasi saham di pasar modal memang gak instan. Rutinitasnya setelah bangun pagi menonton berita bisnis dan ekonomi untuk informasi data dan analisis pasar modal.

Kwon merecoki ibunya untuk membuka rekening perdagangan ritel April lalu dengan tabungan sebesar 25 juta won (Rp 313 juta) sebagai uang awal, tepat ketika indeks acuan KOSPI mulai pulih dari penurunan terbesarnya dalam satu dekade.

"Sebagai investor nilai, impian saya adalah menghasilkan keuntungan jangka panjang sehingga saya dapat membantu tetangga yang membutuhkan," kata Kwon kepada Reuters.

Ia mananamkan uang hasil jualan dan menabung ke saham. Dan meminta ibunya untuk membukakan akun sekuritas untuk trading saham.

Ibu Kwon, Lee Eun-joo mengatakan sekolah forma menjadi sarjana saja gak cukup sukses di zaman sekarang. Ia mau anaknya bisa belajar hal lain di luar pelajar sekolah untuk masa depannya.

"Kita hidup di dunia yang berbeda sekarang, lebih baik menjadi orang yang unik dengan mengembangkan bakat mereka sendiri," kata Lee.

Dari Kwon kita belajar literasi keuangan sangat penting di usia dini. Ia gak asal mencari untung dalam trading saham. Belajar dan menekuni pengetahuan ekonomi adalah kunci sukses berinvestasi saham.

RECOMMENDATION