Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#ekonomi

Usia 17 Tahun: Bikin KTP, SIM, Tabungan!

Menginjak usia 17 tahun, berarti memasuki tahap kedewasaan bagi seseorang. Secara formal ditandai denggan adanya KTP. KTP jadi syarat untuk buat dokumen penting seperti SIM hingga buka tabungan di bank.

OPINI.ID  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Menginjak usia 17 tahun, berarti memasuki tahap kedewasaan bagi seseorang. Salah satu tanda kedewasaannya adalah sebagai warga negara memiliki hak pilih, tahun ini kan masa pemilihan kepala daerah (Pilkada). Media massa dan media sosial sedang ramai memberitakan Pilkada yang akan digelar akhir tahun ini. Saya kan baru ulang tahun yang-17 bulan Oktober lalu. Berarti tahun ini saya bisa ikut meramaikan pesta demokrasi. Karena domisili saya di Tangerang Selatan, saya sudah bisa ikut nyoblos pilkada Tangsel.

Saya pun mencoba mencari tahu apa saja persyaratan ikut pilkada. Yang terpenting adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). KTP memang seperti kartu akses untuk mencapai hal-hal lain. Selain syarat untuk mengikuti pilkada, KTP juga jadi syarat untuk membuat dokumen-dokumen penting lainnya, seperti SIM, SKCK, dan buka rekening tabungan di bank. Yuk baca pengalaman saya satu-persatu, seru deh.

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation