Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#ekonomi

Wajah Kapitalisme Usai Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 jadi salah satu bencana berdampak global terbesar yang memicu krisis kesehatan dan ekonomi sejak Perang Dunia Kedua. Lalu bagaimana wajah kapitalisme usai pandemi?

Project Syndicate  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Tidak ada peristiwa yang terjadi sejak Perang Dunia II yang mempunyai dampak global yang sangat besar seperti COVID-19. Pandemi ini sudah memicu krisis kesehatan masyarakat dan ekonomi dalam skala yang belum pernah terjadi selama puluhan tahun dan memperburuk masalah-masalah sistemis seperti kesenjangan dan sikap berpura-pura hebat (power posturing). Lantas, bagaimana wajah kapitalisme usai pandemi COVID-19?

Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier menyajikan prospek ekonomi terbaru pemerintah untuk tahun 2020 di Berlin, Jerman, Selasa (1/9). Sumber foto: Antara/Reuters/Hannibal Hanschke.
Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier menyajikan prospek ekonomi terbaru pemerintah untuk tahun 2020 di Berlin, Jerman, Selasa (1/9). Sumber foto: Antara/Reuters/Hannibal Hanschke.

Terjadi Perombakan Besar di Bidang Ekonomi dan Politik

Satu-satunya respons yang bisa diterima terhadap krisis seperti ini adalah menerapkan “Perombakan Besar” dalam bidang ekonomi, politik, dan masyarakat kita. Memang benar bahwa ini adalah saat untuk meninjau ulang prinsip-prinsip yang berlaku dalam sistem sebelum terjadinya pandemi ini, tapi ini juga merupakan saat yang tepat untuk mempertahankan nilai-nilai tertentu yang sudah lama dipegang. Tugas kita adalah mempertahankan pencapaian-pencapaian yang sudah berhasil dicapai dalam 75 tahun terakhir dengan cara yang lebih berkelanjutan.         

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation