Upacara Melasti Jelang Nyepi | Opini.id
Next Video

Upacara Melasti Jelang Nyepi

Jelang hari raya Nyepi yang jatuh pada hari Kamis tanggal 7 Maret nanti, umat Hindu tanah air ramai-ramai jalani upacara Melasti. Salah satunya umat Hindu Bali yang gelar upacara Melasti di Pantai Petitenget, Seminyak pada hari Senin (04/03/2019). Upacara yang dilakukan tiap tahun ini bertujuan untuk bersihkan dan sucikan diri. Mereka akan melakukan sembahyang di pura masing-masing, lalu berjalan menuju pantai. Seperti dilansir Kumparan, mereka kompak mengenakan pakaian serba putih, sebagaian dari mereka juga membawa sejumlah pura kecil, gamelan, patung dewa mini, keris, keben (sejajen). Semua peralatan itu akan dibawa ke laut untuk disucikan.
Sepanjang perjalanan, iringan musik gamelan dilantunkan. Di bawah matahari yang terik, pawai berjalan dengan tertib dan rapi.Setibanya di pantai, umat Hindu kemudian menuju pura yang ada di Petitenget. Di sana, seorang pemangku memercikkan air suci baik seluruh alat dan umat yang hadir. Lalu, umat pun kembali berjalan menuju pinggir pantai.
Pura kecil serta seluruh alat suci juga ikut dibawa. Tampak mereka berdoa, menengadahkan diri ke pantai. Setelah berdoa, mengambil air laut dan mengusap ke bagian kepala. Uniknya, tak jarang dari sebagian dari umat yang hilang kesadaran atau kerasukan. Usai disadarkan dengan air suci, mereka kembali ke pantai untuk sembahyang. Air suci masih juga dipercikkan. Usai melaksanakan berbagai rangkaian itu, umat kembali pulang ke Banjar masing-masing. Selain jadi daya tarik buat wisatawan asing, upacara ini jadi bukti betapa indahnya toleransi dan keberagaman di Indonesia.

Komentar
Fresh