Lebah Indonesia Terbesar Sedunia | Opini.id

Lebah Indonesia Terbesar Sedunia

Setelah dikira punah selama 38 tahun, tim ahli biologi gabungan asal Amrik dan Aussie berhasil menemukan lebah raksasa Wallace di tempat terakhir satwa itu terlihat yaitu di Maluku Utara. Satwa langka yang pertama oleh penjelajah Inggris Alfred Russell Wallace di tahun 1858 ini bernama ilmiah Megachile pluto."Benar-benar menakjubkan untuk bisa melihat serangga 'bulldog terbang' yang sebelumnya keberadaannya kita tidak ketahui apakah masih ada atau tidak," ujar Clay Bolt, fotografer spesialis yang berhasil mendapatkan foto pertama lebah tersebut.
Wallace mendeskripsikan lebah betina temuannya sebagai "serangga besar mirip tawon dengan capit mirip kumbang rusa".
Meski lebah ini memiliki ukuran besar, ia jarang ditemukan dan dipelajari. Tidak banyak yang diketahui mengenai kehidupannya, seperti cara ia membuat sarang.
Terakhir kali lebah ini terlihat oleh peneliti pada 1981. Kala itu Adam Messer, entomolog atau ahli ilmu serangga asal AS, menemukannya di tiga pulau berbeda di Indonesia.
Waktu itu, Messer sempat mengamati bagaimana si lebah raksasa menggunakan rahang bawahnya untuk mengumpulkan getah dan kayu. Ia menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat sarangnya yang anti rayap.
Baru sekarang ini keberadaan si lebah ditemukan kembali. Temuan atas lebah betina ini memberi harapan bahwa spesies ini masih hidup di hutan-hutan di Indonesia.
Tapi hidupnya sedang terancam. Penggundulan hutan secara besar-besar di Indonesia mengganggu habitatnya, serta ukuran dan kelangkaannya, membuat lebah raksasa Wallace jadi target para kolektor. Sedihnya, tidak ada perlindungan legal terhadap perdagangan lebah raksasa Wallace. Pemerintah mesti turun tangan masukin lebah ini jadi satwa dilindungi, nih!

Komentar
Fresh