Presiden Brasil Kayak Trump | OPINI.id

Presiden Brasil Kayak Trump

Malang nian nasib warga Brazil. Banyak yang gigit jari setelah pelantikan presiden baru mereka Jair Bolsonaro pada hari Selasa (1/1/2019). Pasalnya, Bolsonaro ini kerap digadang-gadang bakal jadi pemimpin diktator.

Bolsonaro juga suka disebut sebagai Trump versi latin. Sebutan ini bukan cuma asal ngecengin, tapi juga karena sifat keduanya yang mirip.

Bolsonaro bahkan pernah secara gak langsung sebut kalau dirinya mengidolai Trump. Pada saat pelantikannya pun, Trump memberi selamat pada Bolsonaro via Twitter.

Mirip dengan Trump, Bolsonaro berencana membuat Brazil mundur dari Perjanjian Iklim Paris.

Selain itu, ia juga bersikap gak netral sama konflik Israel-Palestina. Hal ini terlihat dari rencananya buat mindahin kedutaan Brazil dari Tel Aviv ke Yerusalem yang notabene masih jadi wilayah sengketa antara Israel dengan Palestina.

Pernyataan Bolsonaro juga banyak mengundang kontroversi. Selain pernah merendahkan perempuan dan warga kulit hitam, ia juga menunjukkan kebencian terhadap kaum LGBT.

Bolsonaro juga dikenal gak suka sama media mainstream, bahkan sampai pakai media milik milyuner pendukungnya buat beritain yang bagus-bagus soal dirinya. Ia juga hobi menarik simpati kaum agamis, tepatnya dari gereja evangelis yang ramai ada di Brazil.

Bolsonaro yang berasal dari latar belakang militer ini juga berencana memiliterisasi kepolisian Brazil dan menempatkan sekolah-sekolah negeri di bawah pengawasan militer.

Waduh kasihan amat yak, warga Brazil kalau gini. Moga-moga negara kita gak ketularan dapat presiden model ginian, deh. Hiiii!

Komentar
Fresh