Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Oscars 2020 | Opini.id
Next Video

Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Oscars 2020

Gak asal klaim, ternyata beneran ada film lokal yang jadi wakil Indonesia di ajang Oscars. Yup, Kucumbu Tubuh Indahku terpilih jadi wakil Indonesia di ajang bergengsi itu usai bersaing ketat dengan 2 wakil Indonesia lain Ave Maryam dan 27 Steps of May. Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' dipilih untuk mewakili Indonesia di Oscars melalui kategori International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film.

Oscars 2020 sendiri akan digelar di Dolby Theatre Hollywood Los Angeles, 9 Februari 2020. Dengan keputusan ini, 'Kucumbu Tubuh Indahku' akan bersaing dengan 'Parasite' dari Korea Selatan dan 'Weathering with You' dari Jepang untuk menjadi nominasi kategori tersebut.

"Setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film," kata Sheila Timothy, selaku Sekretaris Komite Film Indonesia dalam konferensi pers di XXI Lounge Plasa Senayan, Jakarta, Selasa (17/9).

Film Kucumbu Tubuh Indahku berkisah tentang penari Lengger bernama Juno. Sejak ditinggal ayahnya, Juno bergabung dengan sanggar tari Lengger. Tak diduga tarian itu membuatnya menapaki perjalanan hidup yang berliku. Sampai pada akhirnya, Juno bisa memahami dan menerima keindahan hidup sebagai seorang penari Lengger.

Tari Lengger sendiri merupakan budaya asli Indonesia, tepatnya berasal dari Banyumas. Tarian itu mengharuskan penarinya menampilkan sisi maskulin dan feminin dalam satu tubuh.

Biasanya tarian itu dipentaskan lelaki, yang di keseharian mengubah diri jadi perempuan. Mereka berlaku, berlenggok, dengan gemulai bak wanita sungguhan.

Film ini termasuk satu dari 42 film yang diseleksi oleh komite bentukan Persatuan Produser Film Indonesia yang dikepalai Firman Bintang. Christine Hakim yang menjabat sebagai Ketua Komite Film Indonesia menambahkan bahwa film itu dipilih karena memiliki paket lengkap. Kucumbu Tubuh Indahku yang tayang di Indonesia sejak 18 April lalu itu juga sudah mendapat beberapa penghargaan internasional, termasuk dari Italia, Prancis, Australia, dan Meksiko. Film itu juga sudah diputar di lebih dari 30 festival film di seluruh dunia.

Film yang tayang perdana di Festival Film Internasional Venesia ke-75 itu meraih penghargaan Venice Independent Film Critic 2018, kemudian Film Terbaik di Festival Des 3 Continents 2018, dan Asia Pasific Screen Awards 2018.

Sebelumnya, film tersebut sempat diliputi kontroversi karena menampilkan tema LGBT. Bahkan, sejumlah orang membuat petisi untuk memboikot film tersebut. Bahkan pada 16 September lalu di Semarang, pemutaran dan diskusi film ini diwarnai penolakan dari ormas. Pemutaran dan diskusi film pun harus berjalan dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Kalau mereka tahu film ini masuk nominasi Oscar, masih pada mau boikot gak ya?

Komentar
Fresh