Warga Komodo Perlu Dipindah? | Opini.id
Next Video

Warga Komodo Perlu Dipindah?

Rencana pemerintah buat nutup Taman Nasional (TN) Pulau Komodo ternyata termasuk buat memindahkan warga desanya. Protes pun bermunculan dari banyak pihak. Sejak dua bulan terakhir, warga di Kampung Komodo, sebuah wilayah pemukiman yang terdapat di Pulau Komodo, satu dari 4 pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo mengaku resah mendengar kabar mereka akan direlokasi ke daerah lain.


Wacana relokasi ini terkait dengan program penataan ulang atau revitalisasi kawasan Taman Nasional Komodo yang akan dijadikan kawasan pariwisata unggulan baru.


Selain menata kawasan konservasi yang menjadi habitat satwa komodo, program revitalisasi ini juga mewacanakan relokasi warga yang bermukim di sekitar kawasan konservasi itu dan penutupan Pulau Komodo selama satu tahun mulai 2020 mendatang. Sementara itu menyikapi keberatan warga ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) selaku otoritas yang berwenang atas kawasan TN Komodo meminta masyarakat untuk tenang dan tidak emosional menyikapi kabar yang beredar terkait revitalisasi ini.


Juru bicara KLHK, Jati Witjaksono mengatakan hingga kini tim terpadu yang dibentuk pemerintah untuk mengkaji rencana revitalisasi TN Komodo masih bekerja.
Hasil kajian mereka itu nanti yang akan menjadi dasar dari opsi-opsi kebijakan apa saja yang harus dilakukan pemerintah untuk merevitalisasi TN Komodo.


"Kita masih menunggu hasil kajian tim terpadu itu dulu, rekomendasi mereka seperti apa untuk revitalisasi disana, dan itu nanti akan disampaikan ke menteri LHK baru nanti menteri akan ambil keputusan." kata Jati Witjaksono seperti dilansir ABC.
Sementara itu, salah satu turis asing asal Prancis bernama Anya malah mengaku kalau warga desa itu juga sebenarnya merupakan daya tarik buat wisatawan asing. Kalau gini, sebenarnya pemindahan warga ini emang perlu dikaji lagi. Pengkajiannya juga mesti libatin warga juga, biar gak ada yang merasa terusir dari rumahnya.

Komentar
Fresh