Gadis Paling Peduli Betawi | Opini.id
Next Video

Gadis Paling Peduli Betawi

Gadis cilik ini paling peduli dengan budaya Betawi. Frances Caitlin Tirtaguna (16) membuat banyak karya yang menceritakan semua tentang budaya Betawi. Mulai dari kesenian, tokoh, sejarah hingga kuliner Betawi.

Baru-baru ini Frances membuat sebuah website yang berisi semua informasi valid tentang budaya Betawi. Ia akan hibahkan website yang bernama Perkampungan Babakan Betawi ke pihak konservasi budaya Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Tidak cuma berisi informasi tentang Betawi, website juga jadi tempat jualan para UMKM jajanan Betawi. Frances bekerjasama dengan para pelaku UMKM untuk memenuhi kebutuhan mereka. Karena selama ini para pengusaha hanya mendapatkan penghasilan dihari-hari tertentu saat Setu Babakan ramai pengunjung. Harapannya dengan website nanti pelaku usaha bisa punya penghasilan tetap.

Selain itu website bernama PBB ini nanti akan menjadi directory untuk turis mancanegara. Frances menyayangkan turis yang datang ke Jakarta hanya ke pusat perbelanjaan, tidak berkunjung melihat lebih jauh ibukota Indonesia ini. Directory akan memberikan informasi cara untuk sampai ke kampung Setu Babakan.

Upaya Frances memberdayakan budaya Betawi gak cuma membuat website saja. Sebelumnya ia pernah menuliskan sebuah karya novel berjudul 'Ondel-ondel Galau'. Ondel-Ondel Galau menceritakan seluruh budaya Betawi yang ada di Jakarta mulai dari sejarahnya dan perkembangannya hingga sekarang.

Karya novel ini pun digarap sangat serius oleh gadis yang masih duduk di bangku SMA ini. Novel berisi bahasa Inggris ringan agar mudah dibaca dan dimengerti anak muda. Penulisan bahasa Inggris sengaja dipilih agar novel bisa dibaca pembaca mancanegara.

Cerita kepedulian Frances soal budaya ibukota ini karena keresahannya yang sulit mencari informasi utuh tentang Betawi. Minim sekali informasi tentang sejarah atau bahkan makanan khas Betawi yang sekarang sulit ditemukan. Lewat karya-karyanya Frances ingin budaya ini kembali dikenal oleh anak muda baik dalam negeri maupun luar negeri.

Komentar
Fresh