Ada Keragaman di Pangandaran | Opini.id
Next Video

Ada Keragaman di Pangandaran

Salah satu daerah di Kabupaten Pangandaran lebih dikenal dengan sebutan Kampung Nusantara. Hal ini dikarenakan warga yang tinggal di daerah tersebut memiliki latar belakang suku, budaya, dan agama yang beragam karena berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia.

Sebagian besar warga tersebut adalah siswa-siswa SMK Karya Bakti Parigi yang mendapat beasiswa dari program Kelas Multikultural. Masyarakat setempat yang tadinya kaku, lama-lama dapat menerima dan menemukan arti kebhinekaan yang sesungguhnya.

Adalah Komunitas Sabalad, sebuah kelompok pemuda lokal yang merintis konsep Kampung Nusantara. Nama Kampung Nusantara dipilih sebagai bentuk kampanye keanekaragaman nusantara dan upaya menguatkan nilai-nilai toleransi warga dan wisatawan.

Kamu bisa menjadi wisatawan dan berjumpa dan berkegiatan dengan para pelajar multi etnis, budaya dan agama dari berbagai daerah di Indonesia. Tersedian pula 32 rumah warga di Kampung Nusantara untuk menginap. Memang masih berupa homestay namun sangat layak. Per malam, kamua cukup membayar Rp 50 ribu. Selama berada di Kampung Nusantara, kegiatan sosial yang dapat dilakukan diantaranya pendidikan untuk anak, pemberdayaan warga, penyelenggaraan kegiatan atau sekadar magang di sekolah dan komunitas warga.

Komentar
Fresh