Notre-Dame Dilahap Api | Opini.id
Next Video

Notre-Dame Dilahap Api

Salah satu warisan budaya dunia yang diakui UNESCO, Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis, terbakar pada, Senin (15/3), waktu setempat. Hingga kini belum diketahui sebab pasti kebakaran hebat yang meruntuhkan gedung bersejarah itu. Namun, dugaan tertuju pada proses renovasi Notre-Dame.

Dalam kejadian ini, dilaporkan tidak ada korban jiwa. Satu-satunya korban adalah petugas yang sedang bertugas memadamkan api. Meski api belum sepenuhnya padam, tapi api sudah terkendali. Pemadam kebakaran setempat menyebutkan bahwa struktur utama katedral itu berhasil lolos dari lalapan api. Akan tetapi, puncak menara runtuh.

Kebakaran ini dinilai cukup menyedihkan bagi warga Prancis. Selasa (16/4), Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan, "Notre-Dame adalah sejarah kita, literatur kita, bagian dari jiwa kita, tempat semua peristiwa besar kita, epidemi kita, perang kita, pembebasan kita, pusat kehidupan kita."

Katedral ini dibangun pada 1163. Pengerjaannya memakan waktu 200 tahun. Notre-Dame bahkan diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Saat kebakaran terjadi, Notre-Dame sedang direnovasi besar-besaran setelah lebih dari 850 tahun berdiri.

Fresh