Manfaat Mandi Air Dingin Tidak Cuma Bikin Badan Segar | OPINI.id
Manfaat Mandi Air Dingin Tidak Cuma Bikin Badan Segar

Mandi dengan air hangat memang mampu melemaskan otot tubuh yang tegang. Sehingga setelah mandi atau berendam dengan air hangat, kamu lebih tenang dan santai. Namun tahukah Anda bahwa mandi dengan air dingin sendiri menyimpan juga banyak manfaat kesehatan bukan mitos tapi fakta?

Kalau belum tahu, salah satu manfaatnya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti dilansir dari Boldsky.com, ini manfaat lain dari mandi dengan air dingin.
 
1. Mandi Air Dingin Bisa Menyembuhkan Pilek
Ketika pilek, kamu berpikiran mandi dengan air hangat baik untuk menyembuhkan penyakit. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Sebab sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin di pagi hari mampu menghilangkan pilek yang sedang kamu derita. Alasannya, tubuh membutuhkan sesuatu yang bisa mendinginkan panas tubuhnya karena pilek sehingga ketika suhu tubuh kamu menurun maka kamu tidak lagi merasa pengap yang mampu memperparah pilek kamu.
 
2. Mandi Air Dingin Bisa Menurunkan Berat Badan
Banyak mitos kesehatan yang berkata bahwa berendam dengan air hangat membantu dalam menurunkan berat badan. Namun sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa justru mandi dengan air dingin dapat membantu menurunkan berat badan. Paparan suhu dingin dapat merangsang produksi lemak cokelat. Lemak ini bermanfaat untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh.
 
3. Mandi Air Dingin Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah
Bagi kamu menderita penyakit pembekuan darah, cobalah untuk mandi dengan air dingin secara teratur. Proses ini membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah yang mencegah pembekuan darah.
 
4. Mandi Air Dingin Bisa Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
Mandi dengan air dingin bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sebab suhu dingin akan mengatur kembali suhu normal tubuh.
Proses ini membutuhkan kalori sehingga sistem metabolisme tubuh pun akan terangkat.
 
5. Mandi Air Dingin Bisa Menyembuhkan Depresi
Mandi dengan air hangat memang dapat membuat tubuh lebih tenang. Namun mandi dengan air dingin juga dapat menyembuhkan depresi. Suhu dingin mempunyai efek untuk mendinginkan otak dan mampu meredakan depresi.
 
6. Mandi Air Dingin Bisa Menormalkan Suhu Tubuh
Biasanya di udara panas seperti ini, tubuh kamu akan cenderung lebih banyak berkeringat daripada biasanya. Untuk mengurangi keringat ini, mandilah dengan air dingin. Air dingin membantu menormalkan suhu tubuh kamu dan dapat menghindarkan kamu dari dehidrasi.
 
7. Mandi Air Dingin Bisa Menyehatkan Pernapasan
Salah satu manfaat mandi air dingin adalah dapat membantu membuka paru-paru kamu. Sehingga kamu pun dapat bernapas lebih baik dan juga lebih sehat.
 
8. Mandi Air Dingin Bisa Meningkatkan Energi
Sedang merasa lelah di pagi hari? Mandilah dengan air dingin. Dinginnya suhu air mampu membuat kamu merasa lebih berenergi dan bersemangat. Oleh karena itu banyak orang yang memilih untuk mandi dengan air dingin di pagi hari agar dapat membuat mereka lebih bersemangat.
 
9. Mandi Air Dingin Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria
Tahukah kamu bahwa dinginnya air membantu meningkatkan kesehatan reproduksi pria? Suhu dingin ini mampu meningkatkan hormon testosteron pria.
Sedangkan mandi dengan air hangat malah dapat menurunkan kualitas sperma.
 
10. Mandi Air Dingin Bisa Baik untuk Pori-pori Kulit
Salah satu dari banyaknya mandi air dingin adalah dapat menjaga kesehatan pori-pori. Sebab air dingin akan membuat pori-pori kulit mengecil dan mencegah iritasi kulit karena membesarnya pori-pori.
 
Mandi dengan air dingin adalah hal sederhana yang ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan. Kuy buruan mandi! 

Sumber: Zeropromosi.com 

Kalau kamu lebih sering mandi pakai apa?
Air dingin
Air hangat
Jarang mandi
64 votes

Komentar

Fresh