Buku Bausastra Lelembut di Foyles Bookstore London | OPINI.id
Buku Bausastra Lelembut di Foyles Bookstore London

Apa jadinya kalau makhluk supernatural mulai dari hantu, siluman, dan arwah gentayangan alias lelembut berkumpul jadi satu di Foyles Bookstore, London?

Tenang, lelembut-lelembut ini gak akan mengganggu pengunjung di Foyles Bookstore kok. Mereka berkumpul dalam sebuah buku yang berjudul Bausastra Lelembut yang dirilis oleh Lentera Nusantara. Sesuai dengan judul, buku ini memuat profil-profil dan informasi mengenai hantu yang ada di Indonesia.

Buku Bausastra Lelembut dipamerkan di Foyles Bookstore, London, lewat kegiatan tahunan BEKRAF yaitu London Book Fair. Bausastra Lelembut ikut berpartisipasi sebagai representatif karya lokal nusantara yang dibawa ke pasar global. Hantu-hantu dalam buku tersebut sebagian tercipta dari dokumentasi riset Azizah Assattari dan tim Lentera Nusantara saat merancang konten serta karakter untuk game Ghost Parade.

Buku yang dipamerkan di Foyles Bookstore, London, ditulis dalam tiga versi yaitu, Indonesia, Inggris dan Jepang. Menariknya dalam buku ini berisi ensiklopedia roh dengan penjelasan yang jelas dan dongeng lokal secara langsung yang memungkinkan pembaca menemukan perbedaan antara hantu dan roh. Tak tanggung-tanggung, seratus daftar lelembut ada dalam buku ini.

Misalnya, tentang Sumiati, hantu berpakaian merah dari Makassar. Dahulu terkenal di Makassar sampai ke pelosok-pelosok. Hantu ini suka mengganggu laki-laki berbaju merah. Lalu penjelasan tentang Nancy asal Belanda. Hantu ini tak asing lagi dan sering menjadi bahan perbincangan di kalangan SMAN 3 dan 5, Bandung. Diceritakan Nancy sering menampakkan diri di salah satu jendela kelas yang tidak bisa ditutup dan di tangga sekolah.

Kamu gak akan merasa takut saat membaca ensiklopedi lelembut dalam buku Bausastra Lelembut karena Ghost Parade dirancang dengan ilustrasi dengan konsep yang unik sehingga tak memunculkan sisi horor yang menakutkan. Terkadang eksplorasi kocak dan kepribadian unik hantu yang menghantui kehidupan sehari-hari orang Nusantara dijelaskan dengan rincian khusus.

Dalam proses pembuatan buku Bausastra Lelembut, tim Lentera Nusantara melewati penelitian selama bertahun-tahun selama proses pembuatan game Ghost Paradise. Termasuk mempelajari hantu dan mengapa hantu tersebut menghantui secara visual dan historis sehingga masyarakat mudah menikmati isi buku Bausastra Lelembut dan game Ghost Parade.

Komentar

Fresh