Liburan Nyepi, Enaknya Ngapain di Bali? | OPINI.id
Liburan Nyepi, Enaknya Ngapain di Bali?

Mungkin bagi sebagian orang pasti enggan berlibur ke Pulau Dewata jika bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi. Soalnya saat perayaan Hari Raya Nyepi, semua aktifitas ditiadakan, termasuk penerbangan ke  Bali guys.

Namanya juga tradisi Nyepi jadi mereka semua harus melaksanakan catur brata alias penyepian.  Umat Hindu saat Nyepi biasanya melakukannya dengan amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Nah, buat kamu yang sudah terlanjur ada di Bali pas Hari Raya Nyepi, gak usah khawatir. Salah satunya adalah menikmati ketenangan dan keindahan langit pulau Dewata saat Hari Raya Nyepi. Saat momen penyepian mematikan penerangan, langit di Bali saat Nyepi terlihat bagus dan mampu memperlihatkan sinar dengan bintang-bintang berkelip di angkasa.

Saat Nyepi kamu juga bisa berburu foto-foto bertemakan tradisi yang keren. Gak cuma itu, kamu juga bisa merasakan sensasi kota tanpa kendaraan. Maklum saja, saat Hari Raya Nyepi, semua aktifitas ditiadakan, apalagi memakai kendaraan bermotor. Otomatis saat Nyepi jalanan akan terlihat sepi dan sunyi.  Selain itu sebelum Nyepi digelar, beberapa upacara adat digelar mulai dari pawai ogoh-ogoh sampai Melasti di pantai.

Oh iya Nyepi berlangsung selama 24 jam sejak matahari terbit. Biasanya, Nyepi dimulai pukul 06.00 Wita. Tapa brata penyepian selesai pukul 06.00 Wita keesokan harinya. Jadi kamu bisa menikmati kesepian sekaligus intropeksi diri dalam kesunyian Nyepi. Jangan lupa untuk menyetok makanan di hotel, soalnya saat Hari Raya Nyepi semua toko akan tutup guys.

Kamu pernah liburan di Bali saat Nyepi gak?
Pernah
Tidak pernah
14 votes

Komentar

Fresh