Hari Raya Nyepi Menginspirasi World Silent Day | OPINI.id
Hari Raya Nyepi Menginspirasi World Silent Day

Banyaknya keuntungan yang didapat dari penghentian kegiatan di Hari Raya Nyepi menjadi sumber inspirasi bagi PBB alias Perserikatan Bangsa-Bangsa. Inspirasi apa? Inspirasi untuk menetapkan “World Silent Day” yang dirayakan setiap tanggal 21 Maret.

World Silent Day ini bertujuan untuk mengurangi kegiatan yang merugikan bumi seperti global warming atau perubahan iklim. Caranya, kamu cukup mematikan segala penggunaan listrik dan menghentikan segala kegiatan sejak pukul 10.00 – 14.00 setiap tanggal 21 Maret.

Wah sebuah prestasi yang membanggakan bagi Indonesia, ya. Semoga budaya dan tradisi di Indonesia lainnya juga mampu menginspirasi masyarakat internasional.

Apakah kamu tertarik mengunjungi Bali saat Nyepi?
Kayaknya menarik! Hening, bisa rileks sepuasnya
Nggak bisa kemana-mana dong :(
Mau kalau dibayarin
27 votes

Di awal tadi sempat dijelaskan bahwa dengan dihentikannya kegiatan masyarakat Bali saat Nyepi mendatangkan banyak keuntungan. Keuntungan yang bagaimana dan apa saja ya, teman-teman? Ini dia penjelasannya, yuk, disimak ya.

1. Hemat Sumber Daya Alam

Pexels.com/@singkham

Hari Nyepi berkontribusi besar dalam penghematan sumber daya alam, lho. Pada Hari Nyepi, Bali menghemat listrik sebesar 60% dari biasanya. Kalau dirupiahkan, penghematan ini berjumlah sekitar 4 miliar atau sekitar 290 megawatt.

Selain itu, Bali juga menghemat bahan bakar solar kurang lebih 500.000 liter atau sebesar 3 miliar atau 210 megawatt. Hal ini dikarenakan adanya pengistirahatan 2 pembangkit listrik di Bali, yakni PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap) Pemaron dan PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) Gilimanuk.

2. Hari Bebas Polusi

bali-indonesia.com

Yup, tentu saja Hari Nyepi akan jadi hari bebas polusi. Sebab, tidak ada satupun kendaraan yang boleh lalu lalang di hari itu. Kalau kamu ikut merayakan di sana, kamu pasti bisa merasakan udara yang berbeda dan jauh lebih fresh dari biasanya.

3. Langit Bertaburan Bintang

Pexels.com/@minan1398

Karena siang hari tidak ada polusi dari kendaraan bermotor sama sekali, malam harinya kita jadi bisa menikmati kondisi langit yang sangat bersih dan bertaburan bintang, dehHm, romantis banget gak sih?

4. Jalanan Super Lengang

Tripsavvy.com

Tidak ada kegiatan sama sekali pada hari ini, sehingga jalanan akan jadi sangat lengang karena tidak ada satupun kendaraan yang lewat. Hanya ada pecalang yang lalu lalang untuk berpatroli dan menjaga ketertiban Hari Nyepi.

Selain mobil dan motor, aktivitas di bandara, terminal, jalan tol, dan pelabuhan pun dihentikan pada Hari Nyepi. Maka, nggak heran kalau jalanan hari itu akan sepi banget kayak di film-film apocalypse luar negeri.

Meskipun kendaraan pribadi nggak boleh lewat, tapi untuk keadaan darurat seperti ambulans tetap diperbolehkan, ya. Hanya saja ambulans dilarang untuk menyalakan bunyi sirenenya.

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/7-fakta-unik-hari-raya-nyepi/ 

Penulis: Serenata

Komentar

Fresh