OPINI.id | Langkah Seniman Muda Indonesia Menuju Broadway
Langkah Seniman Muda Indonesia Menuju Broadway

Bakti Budaya Djarum Foundation melalui program Ruang Kreatif, belum lama ini merilis program 'Indonesia Menuju Broadway.' Program beasiswa bagi seniman-seniman muda berbakat ini mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan, khususnya para pekerja seni muda. Mereka sangat antusias untuk mengikuti audisi dengan menampilkan kabisa yang mereka kuasai di bidang seni.

Peserta yang mengikuti audisi ini sangat beragam, mulai dari pelajar, pekerja seni, penari, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan Piala Citra. 

Bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, Program Indonesia Menuju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia. Sejak dibuka 10 Januari 2019 lalu, program ini telah menerima 672 peserta. 

Kemudian setelah mengikuti seleksi tahap pertama dipilih sekitar 243 peserta untuk mengikuti proses audisi berikutnya bersama para juri berpengalaman di dunia seni pertunjukan Indonesia. Sebut saja beberapa nama terkenal ini seperti Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura. 

Hasil audisi tersebut para juri memilih 70 peserta yang mengikuti program intensif pada 20-24 Februari 2019 lalu. Pelatihan dilakukan di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, bersama para pengajar dari StudentsLive - Passport to Broadway.

Peserta yang terpilih ini melakukan latihan secara intensif dan mereka berkolaborasi bersama tim kreatif dari Broadway yang datang langsung ke Jakarta. Para pengajar dari StudentsLive-Passport to Broadway yang terdiri dari Direktur Artistik Amy Weinstein, Direktur Musik Seth Weinstein, dan Konsultan Koreografer Stephen Brotebeck terjun langsung memberikan pelatihan dan menyeleksi peserta untuk tahapan akhir.

Dalam pelatihan intensif selama 5 hari para peserta berlatih dan memainkan karya-karya musikal broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat. Dari hasil seleksi ini terpilihlah sebanyak 16 seniman muda dan berbakat untuk diberangkatkan ke Broadway guna mengikuti program beasiswa ‘Indonesia Menuju Broadway.’

Mereka akan diberangkatkan ke New York oleh Bakti Budaya Djarum Foundation sekaligus   mendapatkan pelatihan di broadway dari para spesialis drama musikal terbaik selama lima hari pada Juli 2019 mendatang. 

“Peserta terpilih ini akan melihat langsung pertunjukan broadway, mengikuti tur backstage, melihat proses produksi di belakang panggung dan mendapatkan akses untuk bertemu langsung dengan para artist broadway,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Ternyata, tidak hanya di Indonesia, StudentsLive-Passport to Broadway juga memperluas kerja sama secara global dan menjangkau negara-negara mitra lainnya, untuk menampilkan bentuk seni Teater Musikal Broadway yang unik. Dalam 18 tahun terakhir, StudentsLive-Passport to Broadway, telah menarik lebih dari 350.000 peserta dari beragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial ekonomi yang berbeda.

Mereka menerapkan kurikulum teater National Standard dan Broadway Educational Workshops and Materials untuk mendukung berbagai sekolah di seluruh dunia melalui pelatihan, perekrutan, dan pengorganisasian dari tim Broadway Artists and Professionals di Amerika. 

Sementara itu, seperti kita ketahui, Broadway adalah istilah yang sering diberikan untuk sejumlah besar teater profesional yang terletak di distrik teater New York City, Amerika Serikat. Broadway juga merupakan nama sebuah jalan di Manhattan, yang membentang melalui distrik teater pada satu titik dan tentunya memiliki banyak teater untuk pertunjukan seni drama maupun drama musikal.

Teater Broadway sendiri adalah bentuk teater profesional yang paling dikenal oleh publik Amerika maupun seniman dunia, sekaligus paling banyak menghasilkan uang bagi para pemeran, teknisi dan pendukung lainnya yang terlibat dalam pertunjukan drama maupun drama musikal di panggung tersebut.

Jika ada program beasiswa seperti ini lagi, apakah kamu tertarik untuk ikut audisi?
Tertarik banget
Biasa aja
Ga tertarik
11 votes

Komentar

Top Konten