The Resonanz Children's Choir (TRCC) | OPINI.id


Banyak cara mengharumkan nama bangsa, salah satunya adalah lewat musik. Seperti yang dilakukan oleh kelompok paduan suara anak-anak usia 9-17 tahun TRCC asal Indonesia ini yang kerap kali menjuarai berbagai kompetisi paduan suara kelas dunia.

Melihat Lebih Dekat The Resonanz Children Choir

Ini adalah kelompok paduan suara yang sudah dibentuk pada tahun 2007. Mereka adalah bagian dari sekolah musik The Resonanz Music Studio besutan Avip Priatna.

Mereka beranggotakan 48 anak berusia 9 tahun ke atas. Pada tahun 2015 lalu, paduan suara ini ikut kompetisi di empat kategori untuk ajang The Golden Gate International Choral Festival 2015. Kategori tersebut adalah lagu daerah, historis, gospel, dan kontemporer.

Tidak tanggung-tanggung, kelompok paduan suara anak dibawah the Resonanz Music Studio pimpinan konduktor Avip Priatna di Jakarta ini berhasil meraih dua juara pertama untuk kategori lagu daerah dan historis, juara dua di kategori gospel, dan juara tiga untuk kategori komtemporer.

Mereka gak cuma hebat dalam paduan suara saja, tapi juga dari segi kekompakan, koreografer hingga kostum. Sebelumnya, The Resonanz Children Choir ini juga pernah menang di berbagai kompetisi internasional lainnya, seperti di Hungaria dan Hongong.

Lagi-Lagi, The Resonanz Children's Choirs Juara

Kelompok paduan suara anak The Resonanz Children's Choir (TRCC) kembali menoreh prestasi international dengan menjadi juara umum pada kompetisi paduan suara international Musica Eterna Roma International Festival & Competition 2017.

Selain menjadi juara umum, TRCC juga menjadi juara untuk dua kategori yang diikuti yaitu kategori Children?s Choir (dengan nilai 26.94 dari 30 point) dan kategori Gospel and Spirituals (dengan nilai 27.7 dari 30 point) Kompetisi tersebut berlangsung di kota Roma, Italia pada tanggal 5-9 Juli 2017.

Dan diikuti oleh 15 peserta dari 12 negara, yaitu dari Indonesia, Spanyol, Denmark, Lithuania, Latvia, Taiwan, South Afrika, Belgia, Filipina, Canada, Ceko, dan Finland. mengenakan kostum berwarna hijau, yang merupakan pakaian tradisional Papua.

Kelompok paduan suara anak-anak itu tampil membawakan lagu Yamko Rambe Yamko, hasil aransemen Agustinus Bambang Jusana. Dalam sebuah rekaman video, terlihat anak-anak itu bernyanyi dengan merdu, sambil menarikan tarian khas suku dayak Papua. Sesaat setelah mereka tampil, tepuk tangan pun menggema ke seantero ruangan.

Devi Fransisca : Master Dirigen Bertangan Lembut

Kemenangan demi kemenangan yang diraih oleh kelompok paduan suara The Resonanz Children's Choir (TRCC) bukanlah sebuah pencapaian instan seperti seseorang membalikan telapak tangan.

Butuh banyak keringat, kerja keras dan disiplin. Tentu saja tidak ketinggalan sentuhan sang dirigen cantik bernama Devi Fransisca. Tangan lembutnya dengan tegas memberikan isyarat bagi 40 anak yang jadi anggota paduan suara TRCC saat latihan ataupun sedang mengikuti kompetisi yang berlangsung.

Ia adalah Devi Fransisca. Perempuan ini adalah seorang penyanyi sebelum akhirnya memantabkan hati untuk jadi seorang dirigen. Perempuan kelahiran 21 Agustus 1988 juga sudah bergabung dengan paduan suara sejak kecil. Perjalanan itulah yang menjadikan dirinya dipercaya menjadi dirigen TRCC.

Tak pernah muncul dalam benaknya ia akan besar dan mendalami karier profesional sebagai dirigen, apalagi sampai mengambil bidang pendidikan master dirigen paduan suara anak di Hochschule für Musik, Theater, und Medien Hannover (HMTMH), Jerman.

Jebolan sarjana musik Universitas Pelita Harapan ini sangat menikmati proses mengajari anak-anak berolah vokal. Mengajar memang bukan hal baru bagi dia. Devi, yang mengaku berasal dari golongan keluarga menengah ke bawah, sempat beberapa kali menjadi guru privat sembari terus belajar menjadi penyanyi klasik.

Belakangan, ia semakin sadar terhadap kemampuannya menyampaikan sesuatu dengan mudah kepada anak-anak. Padahal, ini adalah hal yang kerap dianggap sulit oleh kawan-kawannya sesama pengajar vokal.

Foto: Tempo

Prestasi TRCC di kancah internasional

 

Kualitas The Resonanz Children's Choir (TRCC) membuat paduan suara anak ini sering menang di kompetisi internasional

 

Komentar

Fresh