Destinasi Wisata Dunia Bagai Kisah di Negeri Dongeng | OPINI.id
Destinasi Wisata Dunia Bagai Kisah di Negeri Dongeng

Kamu pernah terpikir untuk pergi ke suatu tempat yang ada dalam cerita dongeng? Tempat yang menakjubkan di dunia dan mungkin tak akan pernah terlupakan. Mulai dari destinasi alam hingga kota-kota yang kecantikannya membuat mata tak berkedip.

Berikut rangkuman destinasi menakjubkan di dunia dari berbagai sumber:

Nanda Devi National Park

Taman Nasional Nanda Devi didirikan pada tahun 1982, terletak di sekitar puncak Nanda Devi (7816 m) di negara bagian Uttarakhand di India utara. Seluruh taman berada di ketinggian lebih dari 3.500 m (11.500 kaki) di atas permukaan laut.

Pada tahun 1988 Taman Nasional ini ditorehkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Taman Nasional ini diperluas dan diganti namanya menjadi Taman Nasional Nanda Devi dan Lembah Bunga di tahun 2005.

Tak hanya hamparan rumput dan bunga yang memanjakan mata, di dalam Taman Nasional ini juga terdapat sebuah cekungan gletser yang dikelilingi oleh cincin puncak antara 6.000 meter (19.700 kaki) dan tinggi 7.500 m (24.600 kaki).

Kamu bisa mengunjungi Taman Nasional ini pada bulan Mei hingga Oktober karena merupakan waktu terbaik untuk melihat pemandangan yang memanjakan mata.

Taman Nasional Hawai'i Volcanoes

Taman Nasional ini mencakup dua gunung berapi aktif. Kilauea, salah satu gunung yang paling aktif di bumi dan Mauna Loa, gunung berapi perisai paling besar di dunia. Taman Nasional ini mempunyai daya tarik wisatawan yang tinggi. Mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan vulkanik yang dramatis.

Namun pada Mei 2018 lalu, taman ini ditutup untuk umum karena letusannya diselingi 500 gempa di Puncak Kilauea dalam periode 24 jam. Meski tidak menimbulkan tsunami, akibatnya terdapat 117 rumah hancur, banyak jalan retak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Taman nasional buka selama 24 jam, kecuali jika ada aktivitas gunung api.

Taman Nasional Jiuzhaigou

Merupakan salah satu tempat terindah di dunia. Taman Nasional Jiuzhaigou merupakan kota kecil yang berlokasi di area pegunungan Min, Provinsi Sichuan dan posisinya tepat berada di sisi ujung dataran tinggi tibet. Meski ribuan turis datang, tempat ini tidak akan merasa padat karena area yang sangat luas, mencapai 72000 hektar.

Jiuzhaigou menawarkan pemandangan yang akan memanjakan mata pengunjung. Mulai dari puncak gunung yang tertutup salju, hutan hijau yang membentang, berbagai satwa, serta danau-danau yang menghiasinya membuat kota ini tidak pernah habis dikunjungi wisatawan. Jiuzhaigou bahkan sudah masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Saat mengunjungi Taman Nasional Jiuzhaigou, jangan lewatkan Lembah Jiuzhaigou yang memiliki 108 danau dengan air yang sangat jernih. Selain danau-danaunya yang cantik, jangan lewatkan keindahan air terjunnya. Salah satu air terjun yang terkenal adalah Pearl Shoal Waterfall, yang menyuguhkan pemandangan cantik jajaran pohon-pohon pinus dan aliran sungai Pearl Shoal sepanjang 310 meter.

Taman Nasional Redwood, California

Seperti dalam negeri dongeng, berkunjung di Taman Nasional Redwood pasti akan membuat kamu merasa seperti liliput di sebuah hutan dengan pohon-pohon raksasa. Lahan seluas 133 ribu hektar ini memang merupakan habitat pohon raksasa. Redwood merupakan spesies pohon tinggi dengan batang berwarna merah yang tingginya mencapai 63,7 meter dan diameter 7,8 meter.

Tidak hanya Redwood, hutan ini juga dihuni oleh beragam tumbuhan, hewan, dan padang rumput yang masih alami. Udara dingin bersuhu sekitar 4,5 derajat Celcius sampai 15,5 derajat Celcius selalu menyelimuti Taman Nasional Redwood. Tak hanya sekedar jalan-jalan, pengunjung juga bisa berkemah dan menikmati ketenangan alam. Taman ini dibuka setiap hari dan tanpa biaya.

Aurora Borealis

Siapa tak akan terkesan dengan aurora, fenomena alam yang hanya muncul di bagian kutub Utara dan juga kutub Selatan. Secara ilmiah, aurora terjadi saat medan magnet bumi bertabrakkan dengan udara yang mengalir dari matahari. Saking uniknya, aurora sering disebut-sebut mulai dari mitologi Yunani sampai dongeng Indian.

Mata kamu akan dimanjakan dengan warna-warna cahaya di langit. Namun aurora hanya  bisa terlihat jika polusi cahaya sangat rendah, sama halnya dengan milky way. Kamu bisa menyaksikan keindahan aurora di Islandia, Australia, Georgia, Argentina, Greenland, Norwegia, dan Kanada.

Tak hanya cantik dan memanjakan mata, destinasi di atas juga membawa kamu ke negeri dongeng, kan?

Kalau kamu lebih suka destinasi liburan kaya gimana?
Wisata alam
Pemandangan kota
31 votes

Komentar

Fresh