Ada Apa Dengan Persija? | OPINI.id
Ada Apa Dengan Persija?

Sudah lama kota ini rindu juara, tetapi saat timnya berhasil menjadi juara justru Persija mulai ditinggalkan oleh orang-orang penting yang punya peran dibalik kemenangannya di tahun 2018 lalu. Setelah, Stefano Cugurra Teco, kini giliran Gede Widiade dan Muhammad Rafil Perdana yang ikutan cabut dan undur diri.

Bisa dibilang, dua nama terakhir ini bukanlah sembarangan orang yang berada di tubuh macan kemayoran. Gede adalah Direktur Utama (Dirut) Persija yang justru berhasil mempertahankan Teco dari pemecatan di pertengahan musim 2017 lalu. Sedangkan Rafil adalah Direktur Operasional (COO) Persija Jakarta.

Banyak spekulasi dan kecurigaan yang muncul dari publik. Pasalnya, kepergian Gede dan Rafil ini sangatlah tak lazim mengingat klub sepakbola bergengsi Persija baru saja meraih hasil juara Liga 1 Indonesia untuk pertama kalinya sejak tahun 2001 dan Piala Presiden sepanjang 2018.

Gak heran kalau kepergian sejumlah pihak dari badan Persija kadang suka dikaitkan dengan temua Satuan Tugas (Satgas) antimafia bola. Ya, pada akhir pekan lalu, Satgas menemukan dokumen keuangan Persija di kantor PT Liga Indonesia. Dokumen ini disinyalir sengaja dirusak karena terkait dengan pengaturan skor atau pertandingan, meski untuk hal ini Gede sudah bersumpah dan mengakui tidak tahu menahu.

Gede pun membantah dan menjelaskan keputusannya meninggalkan Persija Jakarta dikarenakan murni akan adanya reorganisasi di dalamnya. Pemilik saham Persija menunjuk Kokoh Afiat sebagai Dirut, sedangkan dirinya digeser jadi Direktur Olahraga. Rafil masih menjadi Direktur Operasional.

Seperti diketahui Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 setelah berhasil menaklukan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada pekan ke 34 Liga 1 2018. Kemenangan ini dianggap setingan oleh berbagai pihak terkait penemuan dokumen oleh satgas antimafia bola. Namun, semua ini tidak digubriis oleh para Jakmania. Soalnya, pertandingan beberapa waktu lalu berlangsung sengit dan Persija mendapatkan perlawanan ketat oleh lawannya.

Kamu sendiri percaya gak Persija juara itu karena setingan?
Gak percaya
Percaya
No comment
147 votes

Komentar

Fresh