Mengenal Quirky Fashion Jepang, Harajuku Style | OPINI.id
Mengenal Quirky Fashion Jepang, Harajuku Style

Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata ‘Jepang’?

Negeri Sakura ini memang terkenal dengan berbagai hal, tidak terkecuali fashion sense mereka. Style unik dan kreatif dari Harajuku Style menjadi salah satu daya tarik bagi orang-orang di seluruh dunia untuk datang dan melihatnya langsung. Ternyata, Harajuku Style pun memiliki beberapa jenis, lho! Mari kita kenal lebih dekat jenis-jenis style tersebut:

Gyaru

Dengan rambut yang di cat terang, kulit yang sengaja digelapkan, kuku palsu yang panjang dan berwarna-warni, serta make up yang tebal. Hal-hal ini merupakan ciri khas dari Gyaru. Terbagi menjadi beberapa sub-bagian, misalnya ganguro yang khas dengan kulit coklat dan rambut pirang, juga kogyaru dengan gaya anak sekolahan. Gyaru adalah salah satu style fashion unik yang paling awal muncul di Harajuku.

Cosplay

Term yang sering digunakan oleh para pecinta anime. Berbekal games, manga, anime, dan jenis-jenis visual art lainnya, mereka membuat pakaian yang serupa dengan tokoh dan meniru penampilan mereka. Cosplay mulai terkenal di tahun 1990an dan tidak ada tanda-tanda bagi style fashion ini untuk meredup.

Goth-Loli

Gaya ini terinspirasi dari fashion di era Victorian dipadukan dengan riasan gothic dan aksesoris yang senada. Style ini terkenal pada akhir tahun 1990an sampai 2000an awal. Tetapi, tidak berarti sekarang sudah tidak ada. Masih banyak anak muda Jepang yang menggunakan style fashion ini.

Sweet Lolita

Merupakan versi yang lebih modern dari Goth-loli. Berbeda dengan Goth-Loli yang menggunakan riasan gothic, Sweet Lolita lebih kepada warna-warna feminim, pita, baju berenda, dan hal-hal perempuan lainnya.

B-Gal

Merupakan gaya Harajuku yang paling sering ditemui. B-Gal merupakan style fashion yang hip-hop dan funky yang terkenal sekitar tahun 2010. Style ini merupakan yang paling simple dan paling mudah digunakan sehingga masih banyak ditiru dan dikembangkan sampai sekarang.

Meskipun terlihat aneh bagi orang awam, orang-orang yang berdandan Harajuku Style memiliki pride masing-masing. Mereka menyukai dan bangga dengan apa yang mereka gunakan. Dibilang aneh pun kalian tetap tertarik untuk datang kesana dan melihat sendiri, kan?

Kalau kamu sendiri, tertarik gak dengan Harajuku Style?
Tertarik
Engga deh
1 votes

Komentar

Fresh