Negara yang Getol Kasih Pinjaman Cuan ke RI | OPINI.id
Negara yang Getol Kasih Pinjaman Cuan ke RI

Meskipun menurut Bank Indonesia dan Sri Mulyani saat ini utang Indonesia masih aman karena 30 persen dari PDB alias Produk Domestik Bruto tapi bukan berarti pemerintah menjadi khilaf dan lupa diri nambahin utang terus karena asyik kebut infrastruktur di Indonesia. Bisa dibilang, utang yang sudah mencapai nominal Rp 4.038,80 triliun ini bisa diberikan predikat lampu kuning agar gak kebablasan terus menerus.

Bicara soal hutang negara, sebenarnya darimana saja saja sih asal hutang Indonesia. Soalnya yang berhembus hanya negara China dan China lagi saja yang memberikan pinjaman cuan ke Indonesia. Ternyata ada beberapa negara yang getol memberikan utang kepada Indonesia. Berdasarkan data Direktrorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Jepang adalah negara yang paling getol berikan pinjaman utang cuan ke Indonesia.

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini meminjamkan utang uang ke Indonesia sebesar Rp 199,57 triliun atau 60,3% dari total utang pinjaman bilateral pemerintah sebesar Rp 396,02 triliun. Dan inilah guys daftar negara yang paling banget sering memberikan pinjaman uang alias utang kepada Indonesia seperti dilansir cnbc Indonesia.

  • 1. Jerman sebesar Rp 32,07 triliun atau 9,7% dari total pinjaman.
    2. Perancis sebesar Rp 29,87 triliun atau 9% dari total pinjaman.
    3. China sebesar Rp 18,09 triliun atau 5,5% dari total pinjaman.
    4. Amerika Serikat (AS) sebesar Rp 7,57 triliun atau 2,3% dari total pinjaman.

Kira-kira, kita bisa gak sih melunasi hutang ini?
Pasti bisa
Gak bisa sulit kayaknya
348 votes

Komentar (2)

Fresh