Klepon vs Onde-Onde, Indonesia atau Singapura? | OPINI.id
Klepon vs Onde-Onde, Indonesia atau Singapura?
Wikipedia
Wikipedia

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaannya, mulai dari kekayaan alam, budaya, sampai makanan yang beraneka ragam. Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing. Uniknya, penyebutan makanan yang sama di tiap daerahnya pun bisa jadi berbeda, lho.

Akun Instagram natgeoasia sempat membuat gempar media sosial karena salah satu postingannya saat David Rocco, seorang celebrity chef dan host dari Dolce TV Series mengunggah fotonya memegang sebuah jajanan pasar berbentuk bulat berwarna hijau dan ditaburi parutan kelapa.

“ONDE ONDE, bukan sesuatu yang saya kira akan saya suka… Tetapi ini tidak semanis yang saya bayangkan dan rasanya sangat lezat!” ungkapnya di kolom caption. Di akhir caption, ia menambahkan bahwa jajanan itu adalah khas Singapura.

Instagram

Ribuan netizen Indonesia pun menyerbu akun Instagram tersebut dan membanjiri kolom komentarnya, mengatakan bahwa jajanan itu dinamakan klepon, dan merupakan makanan khas Indonesia bukan Singapura. Terlepas dari pernyataan bahwa klepon merupakan makanan khas Singapura, netizen pun memperdebatkan nama makanan tersebut: klepon atau onde-onde, ya?

Tahu nggak sih kalian kalau yang kita kenal dengan klepon itu memang disebut sebagai onde-onde di beberapa daerah?

Walaupun di Pulau Jawa dan bagian lain di Indonesia kita mengenal onde-onde sebagai bola-bola tepung beras yang berisi adonan kacang hijau yang dibalur biji wijen, bagian Sumatera sampai Malaysia menyebut klepon sebagai onde-onde. Hal ini bisa terjadi karena adanya kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Tetapi, pada akhirnya menjadi kebiasaan dan pada akhirnya tersebar luas disana.

Karena letak geografisnya yang berdekatan, tidak heran kalau Indonesia dan Singapura memiliki makanan yang mirip. Nama yang berbeda pun dapat terjadi karena banyak faktor. Tetapi, kita harus tetap berusaha untuk mempertahankan budaya kita, ya. Jangan sampai direbut oleh bangsa lain.

Kamu sendiri nyebutnya apa sih?
Klepon
Onde-onde
44 votes

Komentar

Fresh