Diet Plastik: Pakai Apa, Ya? | OPINI.id
Diet Plastik: Pakai Apa, Ya?

Plastik merupakan salah satu benda yang wajib kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Belanja bulanan, membeli air mineral, minum dengan sedotan, semuanya menggunakan plastik. Padahal, plastik merupakan bahan yang sulit untuk diuraikan oleh alam. Kantong plastik biasa membutuhkan waktu 10-12 tahun untuk terurai, botol plastik membutuhkan waktu 20 tahun untuk terurai. Lebih parahnya lagi, Styrofoam, membutuhkan waktu 500-1000 tahun untuk terurai. Waktu yang sangat lama bukan?

Jika kita terus menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari, maka kontribusi kita dalam merusak lingkungan semakin besar. Karena itu, dibuatlah sebuah gerakan diet plastik, dimana kita dapat menggunakan benda-benda alternatif sebagai pengganti plastik. Indonesia juga telah mulai menerapkan peraturan anti plastik. Salah satunya, Kota Bekasi, akan melarang penggunaan kantong plastik mulai Maret 2019 dan mulai menggunakan kantong kain.

Hal ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk terjun ke industri kreatif, dimana mereka berlomba untuk menjual benda-benda alternatif tersebut dalam berbagai desain yang bagus dan unik. Apa saja, sih, benda-benda itu?

  1.    Stainless Steel Straw

Pasti kalian pernah melihat sedotan seperti ini, kan? Hal ini menjadi tren yang cukup hype di tahun 2018. Banyak online shop maupun offline shop yang mulai menjual sedotan ini dalam berbagai jenis bentuk, ukuran, dan warna. Tidak hanya sedotan, mereka juga menjual pembersih dan pouch agar dapat dibawa kemana-mana. Selain dapat menjaga lingkungan, kalian juga dapat terlihat trendi dalam menggunakannya. Pilihlah model dan warna kesukaanmu!

instagram.com/thestainlessstraw
  1.    Reusable Shopping Bag

Setelah berbagai supermarket besar sudah tidak menggunakan plastik, reusable shopping bag dari bahan kain atau kanvas menjadi hal yang populer khususnya di kalangan ibu rumah tangga. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang-orang yang mulai menjual tas ini dengan desain yang unik agar tidak hanya dapat digunakan untuk berbelanja, tetapi juga untuk pergi sehari-hari. Sekarang, tidak hanya ibu rumah tangga, banyak juga anak muda yang menggunakan tote bag mereka untuk berbelanja.

bobobobo.com
  1.    Reusable Container

Saat kalian memesan makanan untuk dibawa pulang, apa yang paling sering kalian gunakan? Plastik? Styrofoam? Kalian tahu nggak, sih, saat styrofoam digunakan untuk wadah makanan panas ia akan meleleh dan mencemari makanan di dalamnya?

Karena itu, untuk mencegah penggunaan plastik dan Styrofoam, lebih baik kita menggunakan tempat makan kita sendiri. Selain lebih sehat karena tidak mencemari makanan, resiko makanan tumpah juga berkurang. Jangan malu untuk membawa kotak makan kalian sendiri. Sekarang banyak lho, kotak makan yang cocok untuk digunakan orang dewasa.

tupperware.com
  1.    Water Bottle

Berapa kali kalian membeli air mineral atau minuman botolan setiap harinya? Daripada uang jajan kalian digunakan untuk membeli air mineral, lebih baik membawa air minum sendiri dari rumah dengan menggunakan botol minum. Selain lebih hemat, kalian juga akan berkontribusi dalam menyelamatkan alam kita. Botol minum juga telah tersedia dalam berbagai desain yang trendi, lho!

treehugger.com

Mulailah diet plastik dan kurangi waste kalian!

Sudahkah kalian memulai gerakan ini?
Sudah dong!
Belum nih
78 votes

Komentar

Fresh