Mengenal Janadriyah, Festival Seni Budaya Arab Saudi | OPINI.id
Mengenal Janadriyah, Festival Seni Budaya Arab Saudi

Festival Janadriyah adalah festival seni budaya tahunan terbesar di Arab Saudi yang diselenggarakan oleh Kementerian Garda Nasional Arab Saudi. Acara ini setiap tahunnya dikunjungi sekitar 12 juta pengunjung yang berasal dari dalam dan luar Arab Saudi.

Janadriyah merupakan sebuah daerah yang berada di Riyadh, ibu kota Arab Saudi. Setiap tahunnya, pemerintah Arab Saudi mengadakan Festival Peninggalan Sejarah, Seni dan Budaya di tempat ini. Festival budaya terbesar di Arab Saudi ini telah berlangsung 33 kali semenjak pertama kali diadakan pada tahun 1985. 

Dalam festival ini para pengunjung seolah diajak untuk merasakan kehidupan Arab Saudi tempo dulu. Areal luas dan terbuka yang disediakan oleh panitia dibagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian mewakili sebuah daerah di Arab Saudi, lembaga, universitas, dan lain sebagainya.

Contohnya: kampung Madinah. Bangunan di dalamnya bergaya arsitektur kuno zaman dahulu. Seolah terbuat dari tanah liat, berbentuk kotak, dan dilengkapi dengan perkakas kuno ala Arab, seperti pedang, cangkir, teko panjang, alat perang, dan lain-lain. Petugas yang menjaga stand pameran dengan bangga menjelaskan secara detail mengenai peninggalan seni dan budaya daerahnya. 

Pengunjung juga dimanjakan dengan pertunjukkan khas seperti: seni operet (tari, musik dan nyanyian), atraksi permainan tradisional Arab, pertunjukan seni tari dan musik dari berbagai provinsi di Arab Saudi, penampilan baju tradisional serta penampilan membaca syair dan sastra Arab. Ada juga pameran buku, maupun perlombaan balap unta dan kuda khas Arab yang menjadi kebanggaan penduduk Arab Saudi sendiri. 

Selain itu, ada juga beberapa negara lain yang diundang seperti Turki, Perancis, Rusia, Jepang, Korea Selatan, China, Jerman, Uni Emirat Arab, Mesir, India dan juga Indonesia untuk menyajikan pertunjukan seni dan budayanya dalam festival ini. 

Festival Janadriyah biasanya diselenggarakan selama dua pekan. Empat hari pertama festival ini biasanya dikhususkan untuk pengunjung pria. Sisanya, khusus untuk kunjungan keluarga. Seperti kita tahu, pemerintah Arab Saudi sangat memperhatikan masalah ikhtilat (campur baurnya pria dan wanita).

Sehingga kunjungan festival pun harus dibedakan antara kunjungan pria dan wanita. Jika ikhtilat ini tidak dapat dihindari, minimal wanita yang mengunjungi festival ini datang bersama keluarga atau ada yang menemani. Hal ini bertujuan untuk menghindari perlakuan yang tidak pantas kepada wanita apabila ia sendirian. Sementara untuk pelajar, panitia menyediakan waktu khusus di pagi hari antara pukul 09.00 sampai 12.00 siang waktu setempat.

Apa kamu tertarik untuk datang dan menyaksikan festival Janadriyah ini?
Tertarik banget
Biasa aja
Ga ah, mahal di ongkos
7 votes

Komentar

Fresh