Cara Ampuh Agar Kamu Bisa Cepat Tertidur | OPINI.id
Cara Ampuh Agar Kamu Bisa Cepat Tertidur

Pasti kamu pernah merasakan lelah dan mengantuk sekali saat di kantor, tapi begitu sampai di rumah justru yang terjadi sebaliknya. Mata tetap terbuka dan sulit terpejam meski sudah dipaksa memejamkan mata. Nah, gimana caranya biar kamu bisa segera tidur terlelap? ikuti aja beberapa cara berikut ini yang dikutip dari Business Insider.

  1. Jangan panik

Jika kamu berfikir terus mengapa tidak bisa tidur, maka bukan rasa kantuk yang akan kamu rasakan, yang ada justru dilimpahi rasa khawatir yang bikin makin tak bisa tidur. Daripada berpikir demikian, mendingan kamu ubah cara pikirmu kalau "aku harus istirahat karena besok punya banyak kesibukan".

  1. Jangan diam di tempat tidur terus

Banyak orang memaksakan diri memejamkan mata dan terus berada di tempat tidur dengan harapan bisa mengantuk dan tiba-tiba tertidur. Pada nyatanya, tetap aja melek. Kalau sudah mencoba lebih dari 20 menit, maka lebih baik kamu bangkit dari tempat tidur dan lakukan hal lain yang lebih bermanfaat hingga rasa kantuk datang, tapi ingat jangan gunakan komputer, ponsel, atau menonton TV.

  1. Atasi stres

Banyak penyebab seseorang sulit tidur, salah satunya karena stres. Ciri-ciri seseorang ketika sedang stres antara lain denyut jantung yang meningkat, otot yang terasa tegang, atau napas yang jadi lebih cepat. Cobalah beberapa strategi untuk membantu meredakan stres misalnya dengan berpikir positif, melakukan meditasi, atau mandi air hangat sebelum tidur yang akan meredakan otot yang tegang usai bekerja sehari-hari.

Tak hanya 3 cara tersebut yang bisa membantu kamu cepat tidur dengan nyaman, ada juga beberapa cara lain yaitu: memberikan warna baru pada kamarmu, menata ulang barang-barang sehingga jadi lebih rapi, atau memberikan aromaterapi di area kamar bisa jadi cara untuk membantu kamu tertidur.

Selain itu, atur juga suhu ruangan (jika kamar tidur menggunakan AC) pada temperatur yang nyaman untuk ditempati (tidak terlalu panas atau terlalu dingin), matikan lampu atau gunakan lampu yang lebih redup agar tidur semakin nyenyak, dan kenakan pakaian tidur yang nyaman.

Setelah seharian bekerja apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini?
Sering
Kadang-kadang
Ga pernah
223 votes


Komentar

Fresh